Terbit: 19 May 2018 | Diperbarui: 7 November 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Bau mulut saat berpuasa, bukan hanya membuat diri sendiri tidak nyaman, melainkan juga orang lain. Jangan khawatir karena banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya. Seperti yang kami lansirkan dari 19 Twenty Three, berikut adalah tips menjaga bau mulut tetap segar selama berpuasa.

Cara Ampuh Cegah Bau Mulut Saat Puasa

1. Perbanyak Konsumsi Buah dan Sayur Saat Sahur

Mengonsumsi sayuran dan buah-buahan segar ternyata bisa membantu menjaga gigi dan organ mulut Anda tetap bersih. Sayur dan buah yang segar dapat membantu membersihkan plak dan sisa makanan serta mengandung anti-oksidan yang dibutuhkan dalam menjaga kebersihan mulut.

2. Sikat Gigi dengan Campuran Baking Soda, Kulit Lemon dan Garam

Anda bisa mencoba resep yang satu ini sebagai salah satu tips menjaga bau mulut tetap segar saat puasa. Campurkan ¼ mug baking soda dengan 2 sendok makan kulit jeruk lemon yang sudah haluskan menjadi serbuk, dan dua sendok teh garam.

Campuran dari pembersih ini dapat membantu mengurangi kadar asam pada mulut, serta dapat menurunkan bakteri yang berkumpul di bagian mulut sebagai salah satu penyebab napas beraroma tidak sedap.

3. Kumur-kumur dengan Air Cengkeh

Untuk dapat menggunakannya sebagai obat kumur, rebus empat buah cengkeh bersama dua gelas air. Didihkan dan biarkan dingin. Obat kumur alami dari cengkeh siap digunakan. Agar hasilnya maksimal, kumur menggunakan cairan ini sebanyak dua kali dalam satu hari, masing-masing dilakukan selama satu menit. Hal ini bisa membantu membunuh bakteri yang ada pada mulut Anda.

4. Hindari Bawang-bawangan Saat Sahur

Anda yang gemar terhadap bawang-bawangan, sebaiknya selama puasa, harus menahan untuk mengonsumsinya. Karena, bau bawang, terutama bawang putih dapat disekresikan oleh paru-paru melalui aliran darah, yang kemudian menjelma jadi aroma napas bau bawang putih yang mengganggu.

5. Cukup Minum Air Putih

Kekurangan cairan, menjadi salah satu penyebab napas Anda tidak segar selama berpuasa. Mengatasinya apalagi jika tidak dengan cukup minum air putih selama sahur dan berbuka. Setidaknya, penuhi kebutuhan air minum harian Anda, agar terhindar dari dehidrasi penyebab napas bau.

Lima tips menjaga bau mulut tetap segar selama berpuasa di atas, sebenarnya tidak terlalu sulit. Anda pasti bisa melakukannya, dan bersiap mendapatkan aroma napas yang segar sepanjang hari selama puasa.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi