Terbit: 31 Mei 2021 | Diperbarui: 9 Juni 2021
Ditulis oleh: Muhamad Nuramdani | Ditinjau oleh: dr. Eko Budidharmaja

Cara menghilangkan bau jengkol sangat dibutuhkan bagi mereka yang gemar mengonsumsinya. Hal ini karena bau jengkol yang kuat di mulu membuat Anda tidak percaya diri ketika berbicara dengan orang lain. Untuk mengatasinya, simak penjelasan tips dan cara menghilangkan bau mulut di bawah ini.

12 Cara Menghilangkan Bau Jengkol di Mulut yang Alami dan Efektif

Cara Menghilangkan Bau Jengkol

Jengkol yang menjadi masakan tidak hanya memiliki rasa yang enak, tetapi dapat meninggalkan aroma yang cukup khas dan kuat di mulut. Untuk menghilangkan bau mulut setelah makan jengkol, ada banyak cara yang bisa Anda lakukan agar tetap bisa makan jengkol.

Berikut ini cara menghilangkan bau jengkol:

1. Menyikat Gigi dan Menggunakan Flossing

Selain mengurangi penumpukan plak di gigi yang menyebabkan bau mulut, menyikat gigi dapat menghilangkan bau jengkol di mulut.

Setelah makan jengkol, segera menyikat gigi dan jangan lupa bersihkan menggunakan flossing (benang gigi). Melakukan kedua cara ini secara rutin dapat membantu menjaga mulut tetap bersih dan segar.

Namun, jangan menyikat gigi berlebihan. Jika menyikat terlalu keras, ini bisa merusak gigi dan membuatnya rentan terhadap kerusakan.

2. Menyikat Lidah

Lapisan sisa makanan, termasuk jengkol, yang terbentuk di lidah bisa menjadi tempat bakteri penyebab bau mulut. Untuk menghilangkan lapisan tersebut, sikat lidah secara lembut dengan sikat gigi.

Jika sikat gigi terlalu besar untuk menjangkau bagian belakang lidah, cobalah menggunakan tongue scraper. Alat ini khusus untuk memberikan tekanan dan mengikis secara merata di seluruh permukaan lidah. Cara ini bisa menghilangkan bakteri, sisa makanan, dan sel-sel mati.

3. Bilas Mulut dengan Obat Kumur

Selain sebagai salah satu cara menghilangkan bau jengkol dan menyegarkan napas, obat kumur dapat melindungi mulut dengan menyingkirkan bakteri. Menggunakan obat kumur rasa mint yang segar misalnya, dapat membuat mulut terasa nyaman.

Jangan hanya menutupi baunya. Bilas mulut setiap hari dengan obat kumur yang baik dan dapat menghentikan bau mulut dari sumbernya.

4. Obat Kumur dari Soda Kue

Penelitian telah menunjukkan bahwa soda kue (natrium bikarbonat), dapat membunuh bakteri di mulut secara efektif. Hal ini telah terbukti bahwa pasta gigi yang mengandung soda kue konsentrasi tinggi efektif mengurangi bau mulut.

Cara membuat obat kumur soda kue, tuangkan 2 sendok teh soda kue ke dalam 1 cangkir air hangat dan aduk sampai larut. Jika sudah siap, gunakan sebagai obat kumur setidaknya selama 30 detik sebelum meludahkannya.

5. Mengunyah Permen Karet

Jika tidak membawa sikat gigi, mengunyah permen karet segera setelah makan jengkol dapat membantu menghilangkan aroma yang tidak sedap. Ini karena permen karet dapat merangsang air liur, yang merupakan mekanisme pertahanan alami mulut terhadap asam penyebab kerusakan gigi dan bau mulut.

Sebaiknya kunyah permen karet tanpa gula, karena bakteri di mulut menggunakan gula untuk membuat asam. 

Baca Juga: 22 Cara Menghilangkan Bau Mulut Alami yang Cepat dan Ampuh

6. Minum Jus Nanas

Meskipun belum terbukti secara ilmiah, tidak sedikit orang percaya bahwa minum jus nanas dapat menghilangkan bau mulut dengan cepat dan paling efektif.

Minumlah segelas jus nanas segera setelah makan jengkol, atau mengunyah nanas selama 1-2 menit. Jangan lupa membilas mulut dengan minum air setelahnya, karena buah ini mengandung gula alami yang dapat mengundang bakteri di mulut.

7. Jeruk

Buah yang tinggi kandungan vitamin C ini tidak hanya menjadi salah satu makanan penutup yang menyegarkan dan menyehatkan, tetapi juga dapat meningkatkan kebersihan gigi dan mulut. Tentunya ini cocok sebagai cara menghilangkan bau jengkol di mulut. 

Penelitian menunjukkan bahwa vitamin C dapat membantu meningkatkan produksi air liur, yang dapat membantu membasuh bakteri yang berbau busuk. 

8. Apel

Satu penelitian menemukan bahwa buah apel mentah memberikan efek yang kuat terhadap bau mulut akibat bawang putih. Efek dari apel mungkin juga dapat memberikan manfaat dalam menyingkirkan bau jengkol.   

Senyawa alami tertentu dalam apel mampu menetralkan senyawa berbau busuk dalam bawang putih. Sehingga buah ini sangat berguna mengatasi bau mulut, baik itu akibat bawang putih dan makanan lainnya yang menyebabkan bau mulut.

9. Minum Susu

Susu adalah salah satu minuman yang  dapat menghilangkan bau mulut. Sebuah penelitian menunjukan bahwa minum susu setelah makan bawang putih secara signifikan dapat menghilangkan bau mulut. Dengan demikian, ini memungkinkan membantu menghilangkan aroma jengkol di mulut.

Sebagai salah satu cara menghilangkan bau jengkol di mulut, cobalah minum segelas susu selama atau setelah makan jengkol atau makanan lain yang mengandung aroma menyengat.

10. Teh Hijau

Tidak hanya melangsingkan tubuh, manfaat teh hijau juga efektif mengatasi bau mulut. Penelitian menunjukkan bahwa teh hijau memiliki sifat disinfektan dan penghilang bau yang dapat menyegarkan napas untuk sementara. 

Seduhlah dua cangkir teh hijau sebelum tidur dan dinginkan semalaman. Saat pagi hari, tuangkan teh dingin ke dalam botol air dan minumlah sepanjang hari. 

Baca Juga: 15 Penyebab Bau Mulut (Halitosis) yang Umum dan Jarang Disadari

11. Cengkih

Selain sebagai bumbu dapur, cengkih atau cengkeh juga dapat membantu menyegarkan napas secara instan. Manfaat lain dari cengkih adalah membantu melawan bakteri jahat di mulut yang dapat menyebabkan gigi berlubang.

Untuk itu, cukup mengisap beberapa cengkih sebanyak beberapa kali sehari. Tapi, jangan menggunakannya dalam bentuk minyak atau bubuk, karena terlalu kuat dan bisa menyebabkan luka bakar.

12. Cuka Sari Apel

Menghilangkan bau mulut yang kiut akibat makan bawang bombay, bawang putih, dan jengkol, bisa menggunakan cuka sari apel. Cobalah tuangkan sedikit cuka sari apel ke dalam segelas air dan berkumur dengan campuran tersebut. Obat kumur alami ini dapat menetralkan bau mulut dan menyegarkan napas secara langsung.

 

  1. Arts, Croasdaile D. 2020. 6 Easy At-Home Remedies for Fresh Breath. https://www.croasdailedentalarts.com/blog/at-home-bad-breath-remedies/ (Diakses pada 31 Mei 2021)
  2. Jaret, Peter . 2015. What You Can Do About Bad Breath. https://www.webmd.com/oral-health/features/get-rid-bad-breath (Diakses pada 31 Mei 2021)
  3. Mayo Clinic Staff. 2018. Bad Breath. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/bad-breath/symptoms-causes/syc-20350922 (Diakses pada 31 Mei 2021)
  4. Osborn, Corinne O. 2019. Things You Can Try at Home to Eliminate Bad Breath. https://www.healthline.com/health/home-remedies-for-bad-breath (Diakses pada 31 Mei 2021)


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi