Terbit: 12 Agustus 2021 | Diperbarui: 18 Oktober 2021
Ditulis oleh: Gerardus Septian Kalis | Ditinjau oleh: dr. Ursula Penny Putrikrislia

Cara mengatasi gigi kuning berbagai macam, dari yang mudah hingga yang membutuhkan penanganan khusus. Simak penjelasan mengenai cara mengatasi gigi kuning menjadi putih yang mudah Anda lakukan sendiri di rumah.

7 Cara Mengatasi Gigi Kuning Menjadi Putih (Mudah Dilakukan di Rumah)

Berbagai Cara Mengatasi Gigi Kuning

Jika Anda ingin memutihkan gigi, terdapat beberapa alternatif selain metode konvensional yang umum dilakukan. Meski begitu, Anda harus tetap berhati-hati saat mencoba untuk memutihkan gigi di rumah, karena beberapa produk yang digunakan terlalu lama atau tidak benar, mungkin bisa mengikis enamel, sehingga meningkatkan risiko pada gigi sensitif dan berlubang.

Berikut adalah berbagai cara mengatasi gigi kuning yang bisa Anda coba, di antaranya:

1. Rutin Menyikat Gigi

Salah satu tindakan paling umum untuk membuat gigi lebih putih adalah menyikat gigi. Sikat gigi lebih sering dan dengan cara yang benar. Menyikat gigi setelah makan penting dilakukan untuk mencegah terjadinya gigi kuning.

Namun, menyikat gigi setelah mengonsumsi makanan atau minuman asam tidak disarankan karena bisa membuat zat asam mengikis lebih banyak enamel dan menyebabkan erosi.

Lakukan sikat gigi dua kali dalam sehari selama 2 menit. Pastikan semua permukaan dan sela-sela gigi terkena bulu sikat gigi. Sikatlah gigi dengan lembut dalam gerakan melingkar agar gusi Anda tetap terlindungi.

Menurut sebuah studi, menyikat dengan pasta gigi pemutih juga dapat digunakan sebagai cara memutihkan gigi. Pada umumnya, pasta gigi ini mengandung bahan abrasif ringan yang membantu menghilangkan noda di permukaan.

2. Soda Kue dan Hidrogen Peroksida

Cara mengatasi gigi kuning menjadi putih berikutnya adalah dengan menyikat gigi menggunakan pasta yang terbuat dari soda kue dan hidrogen peroksida. Campuran bahan ini dipercaya dapat menghilangkan penumpukan plak dan bakteri yang menyebabkan noda di gigi.

Cara membuatnya, campurkan 1 sendok makan soda kue dengan 2 sendok makan hidrogen peroksida, kemudian aduk hingga membentuk seperti pasta. Bilas mulut secara menyeluruh dengan air setelah menyikat dengan pasta ini.

Sebuah studi menemukan bahwa seseorang yang menggunakan pasta gigi dengan kandungan soda kue dan hidrogen peroksida, membantu menghilangkan noda dan memutihkan gigi. Cara ini menunjukkan hasil yang signifikan setelah pemakaian selama 6 minggu.

Baca Juga: 16 Cara Menghilangkan Plak dan Karang Gigi (Alami & Medis)

3. Coconut Oil

Beberapa pihak mengklaim bahwa coconut oil atau minyak kelapa dapat menghilangkan plak dan bakteri dari mulut, sehingga membantu memutihkan gigi.

Cara mengatasi gigi kuning ini dilakukan dengan berkumur dengan 1 sampai 2 sendok minyak kelapa selama beberapa menit. Jangan biar minyak menyentuh bagian bagian belakang tenggorokan apalagi menelannya.

Setelah itu, muntahkan minyak kelapa dan bilas mulut hingga bersih, kemudian minumlah segelas penuh air putih. Setelah semua tahap selesai, langkah terakhir yang bisa dilakukan adalah menyikat gigi.

Meski tidak ada penelitian khusus yang mengonfirmasi efek samping pemutihan gigi karena berkumur dengan minyak kelapa, sebuah studi menemukan bahwa berkumur menggunakan minyak wijen dan minyak bunga matahari mengurangi radang gusi yang disebabkan oleh plak. Penumpukan plak dapat menyebabkan gigi menjadi kuning.

Hal inilah yang membuat penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk melihat sejauh mana pengaruh berkumur dengan minyak kelapa membuat gigi lebih putih.

4. Cuka Apel

Cuka apel dapat Anda gunakan dalam jumlah yang sangat kecil untuk memutihkan gigi. Caranya dengan menjadikan sebagai obat kumur. Campurkan 2 sendok cuka apel dengan 175 ml air. Kumur dengan campuran larutan tersebut selama 30 detik. Setelah itu bilas dengan air bersih dan sikat gigi.

Sebuah penelitian pada gigi sapi menemukan bahwa cuka apel memiliki efek pemutihan gigi. Gunakan cuka apel dengan hati-hati karena berpotensi menyebabkan kerusakan pada permukaan gigi. Oleh karena itu, masih memerlukan penelitian pada manusia untuk membuktikan klaim manfaat cuka apel untuk memutihkan gigi tanpa efek samping.

5. Kulit Lemon, Jeruk, atau Pisang

Beberapa orang mengklaim bahwa menggosokkan kulit lemon, jeruk, atau pisang pada gigi akan membuatnya lebih putih. Senyawa d-limonene atau citric acid yang ditemukan pada kulit buah jeruk dipercaya membantu memutihkan gigi.

Gosokkan kulit buah dengan lembut pada gigi sekitar 2 menit. Pastikan untuk membilas mulut secara menyeluruh dan menyikat gigi setelahnya. Meski begitu, penelitian ilmiah yang membuktikan efektivitas penggunaan kulit buah untuk membuat gigi lebih putih masih terbatas.

Baca Juga: Gigi Sensitif: Gejala, Penyebab, Cara Mengatasi, Pencegahan, dll

6. Arang Aktif

Anda dapat menggunakan arang aktif (activated charcoal) untuk menghilangkan noda pada gigi karena daya serapnya yang tinggi. Zat ini juga mampu menyingkirkan bakteri dan racun dalam mulut.

Cobalah sikat gigi dengan arang aktif. Sikatlah dengan lembut selama 2 menit. Berhati-hatilah saat menyikat di area sekitar gusi karena bisa menyebabkan abrasif.

Jika Anda memiliki gigi yang sensitif, Anda tidak perlu menggunakannya sambil menyikat gigi, cukup oleskan pada gigi selama 2 menit atau mencampurkannya dengan air sebagai obat kumur. Cara lainnya yang lebih mudah adalah menggunakan pasta gigi yang di dalamnya sudah mengandung activated charcoal.

Sebuah studi menemukan bahwa pasta gigi yang mengandung zat ini dapat memutihkan gigi dalam waktu 4 minggu, tetapi tidak lebih efektif  dari pasta gigi pemutih.

Penting untuk diketahui, jika Anda mengikis terlalu banyak enamel gigi, lebih banyak dentin kekuningan di bawahnya yang akan terbuka. Berhati-hatilah saat menggunakan zat dan pasta gigi berbahan dasar arang aktif, terutama karena terbatasnya bukti untuk membuktikan keefektifan dan keamanannya.

7. Makan Buah dan Sayuran dengan Kandungan Air yang Tinggi

Konsumsi buah dan sayuran dengan kandungan air yang tinggi dapat membantu menjaga kesehatan gigi. Kandungan airnya mampu membersihkan gigi dan gusi dari plak dan bakteri penyebab gigi kuning.

Mengunyah buah dan sayuran sebagai makanan penutup dapat meningkatkan produksi air liur. Cara ini dapat membantu menghilangkan partikel makanan yang menempel di gigi dan menghilangkan asam berbahaya.

Meski begitu, klaim ini belum berdasarkan bukti ilmiah yang kuat. Terlepas dari manfaatnya, mengonsumsi buah dan sayuran dapat mendukung kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Nah, itulah berbagai cara mengatasi gigi kuning yang bisa Anda coba. Meski beberapa cara tersebut tanpa pembuktian penelitian ilmiah, beberapa cara telah terbukti efektif berdasarkan laporan anekdot.

paket obat isolasi mandiri doktersehat

 

  1. Cirino, Erica. 2019. How to Get Rid of Yellow Teeth. https://www.healthline.com/health/dental-and-oral-health/how-to-get-rid-of-yellow-teeth. (Diakses pada 12 Agustus 2021).


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi