Terbit: 16 February 2018 | Diperbarui: 8 September 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Tahun baru imlek identik dengan banyak sekali makanan dan kue manis. Meskipun memiliki rasa yang lezat, ada baiknya kita berhati-hati saat mengkonsumsinya karena bisa meningkatkan berat badan dan menyebabkan masalah kesehatan gigi dan gusi. Berikut adalah cara menjaga kesehatan gigi meskipun kita banyak mengkonsumsi makanan khas Imlek yang manis dan lezat.

Begini Cara Menjaga Kesehatan Gigi Setelah Makan Kue dan Makanan Manis di Tahun Baru Imlek

Setelah mengkonsumsi tart nanas dan nian gao
Beberapa jenis kue manis seperti tart nanas dan nian gao memang sangat sayang jika dilewatkan saat Imlek. Sayangnya, makanan ini cenderung lengket dan akan menempel pada permukaan atau sela-sela gigi dalam waktu yang cukup lama. Setelah mengkonsumsinya, ada baiknya kita berkumur-kumur agar bisa menghilangkan sisa kue yang masih menempel. Jika sisa kue ini masih menempel, cobalah untuk menyikat gigi atau memakai benang gigi.

Setelah mengkonsumsi kue, permen, atau cokelat
Camilan manis dan lezat ini kaya akan kandungan gula yang bisa membuat bakteri berbahaya berkembang dengan pesat di dalam mulut. Pakar kesehatan Steven Soo yang berasal dari Specialist Dental Group menyarankan kita untuk memilih sajian yang tidak terlalu banyak memiliki kandungan gula atau memilih cokelat berjenis dark yang kaya theobromine, kandungan yang baik bagi kesehatan gigi. Selain itu, jangan terlalu banyak mengkonsumsi permen yang keras agar gigi tidak terpapar gula dalam waktu yang terlalu lama.

Setelah mengkonsumsi jeruk mandarin
Jeruk mandarin adalah salah satu buah yang kerap disajikan saat Tahun Baru Imlek. Sebagaimana jeruk lainnya, buah ini bersifat asam sehingga bisa mengikis enamel gigi. Pakar kesehatan menyarankan kita untuk mengkonsumsi jeruk mandarin setelah makan besar saja dan jangan langsung menyikat gigi setelah mengkonsumsi buah ini.

Setelah mengkonsumsi camilan keras
Beberapa camilan keras layaknya keripik tapioka memang memiliki rasa yang enak. Namun, ada baiknya kita tidak berlebihan dengan mengkonsumsinya demi menjaga kekuatan enamel gigi.

Dengan melakukan berbagai hal tersebut, kita bisa tetap menikmati sajian khas Imlek tanpa perlu khawatir mengalami masalah kesehatan gigi. Hanya saja, jangan mengkonsumsinya dengan berlebihan, ya?


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi