Terbit: 12 April 2018 | Diperbarui: 28 January 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Kebanyakan tips untuk mengatasi masalah buang air besar adalah dengan mengonsumsi makanan sehat atau kaya akan serat. Namun, tips ini tidak akan langsung memberikan dampak instan bagi masalah kesehatan ini. Beruntung, menurut pakar kesehatan, ada sebuah cara yang bisa dengan cepat membantu melancarkan buang air besar, yakni dengan melakukan pemijatan pada bagian tubuh tertentu.

Susah Buang Air Besar? Pijat Saja Bagian Tubuh Ini Untuk Melancarkannya

Dilansir dari Men’s Health, pakar kesehatan menyarankan kita untuk memijat bagian perineum, bagian kulit diantara organ vital dan dubur kita. Jika kita menekan bagian tubuh tersebut, maka masalah konstipasi bisa diatasi dengan efektif. Tips ini didapatkan dari sebuah penelitian yang hasilnya dipublikasikan dalam Journal of General Internal Medicine.

Tahukah anda sekitar 19 persen dari masyarakat di seluruh dunia mengalami masalah konstipasi? Meski terlihat sebagai masalah yang wajar terjadi pada siapa saja, dalam dalam realitanya masalah ini bisa membuat tubuh terasa tidak nyaman dan akhirnya mempengaruhi produktivitas harian kita. Para peneliti pun berusaha untuk mencari cara alternatif yang bisa membantu kita mengatasi susah buang air besar dengan cepat alih-alih hanya dengan mengonsumsi makanan kaya serat atau berolahraga.

Teknik pemijatan ini sebenarnya sudah dilakukan oleh cukup banyak ibu hamil yang ingin mencegah organ vitalnya robek saat menjalani proses persalinan. Dengan memijat bagian perineum, maka tubuh akan menjadi lebih rileks dan melancarkan proses persalinan. Tatkala para peneliti mengecek lebih lanjut manfaat dari teknik pemijatan ini, didapatkan fakta menarik bahwa hal ini juga bisa membuat usus menjadi lebih rileks.

Para peneliti kemudian membagi 100 orang yang terkena konstipasi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama menjalani prosedur standar seperti berolahraga dan mengonsumsi makanan berserat. Sementara itu, kelompok kedua juga diminta untuk memijat bagian perinemun.

Setelah 4 minggu, para peneliti menemukan fakta bahwa kelompok kedua yang memijat perineumnya cenderung lebih baik dalam mengatasi masalah susah buang air besar. Sekitar 82 persen dari partisipan dalam kelompok kedua bahkan mengaku akan menggunakan trik ini jika nanti mengalami masalah susah buang air besar kembali.

Jadi, jangan ragu untuk memijat bagian tubuh ini jika tubuh mulai terasa tidak nyaman karena konstipasi ya?


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi