Terbit: 22 Maret 2018 | Diperbarui: 7 Maret 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Gangguan pencernaan memang sebuah momok sendiri bagi sebagian orang. Sebab, dengan tidak lancarnya proses pencernaan, maka perut akan sering merasa mulas karena sisa-sisa atau ampas makanan di dalam tubuh tidak dapat dibuang secara lancar. Selain itu, gangguan pencernaan juga sering dihubung-hubungkan dengan penumpukan lemak yang akhirnya bisa memicu datangnya obesitas. Maka tak heran jika sebagian orang sangat takut saat pencernaannya terganggu.

Pencernaan Anda Terganggu? Konsumsi 4 Makanan Ini dan Rasakan Khasiatnya!

Photo Credit : pexels.com

Namun, sebenarnya gangguan pencernaan tersebut bisa diatasi dengan mudah dan cepat. Cara mengatasinya ada banyak cara, salah satunya adalah mengonsumsi makanan yang telah terbukti bisa memperbaiki proses pencernaan. Apa saja makanan itu?

Berikut 4 jenis makanan yang bisa mengobati gangguan pencernaan:

1. Jahe

Jahe merupakan salah satu rempah yang kaya akan kandungan phenolic. Kandungan tersebut bisa mengatasi gejala iritasi dan masalah pada sistem penceraan Anda. Dalam istilah medis, jahe juga biasa disebut carminative, yaitu substansi yang dapat mengeluarkan gas berlebih di dalam sistem pencernaan. Maka dari itu, jahe dipercaya bisa memperlancar pencernaan yang sedang terganggu.

2. Pepaya

Buah yang satu ini bisa dikatakan sebagai buah rakyat karena mudah ditemukan di mana saja. Selain bisa mencegah kanker dan menyehatkan tulang, buah yang satu ini juga bisa menangani masalah pada pencernaan Anda. Tidak sedikit orang yang sudah membuktikannya. Sebab, di dalam pepaya terdapat enzim yang bernama papain. Enzim tersebutlah yang berfungsi untuk mengatasi gangguan pencernaan.

3. Biji Adas

Mungkin Anda sedikit asing dengan jenis makanan yang satu ini. Tapi, walau pun jarang dikenal, biji adas memiliki fitonutrien yang berkhasiat sebagai antioksidan serta mengurangi gas dalam perut. Biji adas bisa merangsang sekresi enzim pada pencernaan dan mengurangi panas pada perut dan usus. Maka, Anda bisa menggunakan makanan ini sebagai obat sistem pencernaan Anda yang sedang terganggu.

4. Yoghurt

Banyak yang merasa takut mengonsumsi yoghurt karena dianggap begitu kental dan susah dicerna. Padahal anggapan tersebut salah besar. Yoghurt mengandung probiotik yang bisa meningkatkan jumlah bakteri baik di dalam usus Anda. Semakin sehat usus dalam tubuh, maka semakin baik pula proses pencernaan.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi