Terbit: 13 Maret 2018 | Diperbarui: 30 Mei 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Perut kembung merupakan sebuah kondisi di mana perut seakan penuh dan sesak yang mengakibatkan rasa tidak nyaman. Selain itu, saat kembung, perut juga akan tampak lebih besar dan disertai gejala buang gas (kentut) secara berlebihan. Gejala lain yang bisa menandakan perut kembung adalah dengan seringnya bersendawa.

Perut Anda Kembung? Atasi dengan 3 Cara Ampuh Ini

Perut kembung tidak bisa dianggap remeh, sebab kondisi tersebut bisa saja menjadi sebuah isyarat bahwa Anda sedang dalam ancaman penyakit berbahaya, misalnya lambung ataupun jantung. Maka ada baiknya Anda mengetahui bagaimana cara menghilangkan perut kembung dengan aman dan cepat.

Berikut adalah 3 cara menghilangkan perut kembung:

1. Hindari Makanan yang Mengandung Gas

Salah satu cara menghilangkan perut kembung adalah mengurangi dan tidak menambah gas di dalam perut. Perlu diketahui, ada banyak makanan dan minuman yang harus Anda tinggalkan karena mengandung gas tinggi, di antaranya brokoli, kubis, kacang, minuman soda, kopi, buah mangga, persik, dan sebagainya.

2. Jangan Stres

Stres atau depresi merupakan salah satu pemicu datangnya kembung pada perut. Sebab, saat pikiran bekerja terlalu keras sehingga menyebabkan ketegangan, maka proses pernapasan menjadi kacau sehingga menyebabkan komposisi gas di dalam tubuh meningkat. Selain itu, stres juga bisa membuat pencernaan tidak lancar yang akan menyulitkan dalam membuang gas di dalam tubuh. Maka dari itu, buatlah diri Anda rileks dan setenang mungkin.

3. Rutin Olahraga

Yang terakhir adalah rutin berolaraga. Mungkin Anda sudah tahu sendiri jika olahraga adalah kegiatan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Begitu pula dalam kasus ini, Anda bisa menghilangkan kembung dengan berolahraga secara rutin. Tapi perlu diingat, jangan melakukan olahraga berat sebab saat perut Anda kembung, Anda menjadi lebih rentan sesak napas. Maka dari itu lakukan olahraga ringan saja sesuai kemampuan.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi