Terbit: 15 March 2018 | Diperbarui: 2 June 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Kentut merupakan sesuatu yang wajar bagi semua orang. Sebab, dengan kentut seseorang bisa mengeluarkan gas menumpuk di dalam tubuh. Sebab, di dalam tubuh ada beberapa udara atau gas yang terjebak dan tidak bisa dikeluarkan tanpa kentut. Justru jika gas tersebut tidak bisa keluar, maka akan fatal bagi kesehatan.

Sering Kentut? Waspadai Adanya Gangguan Pencernaan

Menurut penelitian, gas kentut sendiri terdiri dari 59 persen nitrogen, 21 hidrogen, 9 persen karbon dioksida, 7 persen metana, dan sisanya adalah oksigen. Kentut juga bisa menimbulkan suara yang biasanya diikuti dengan getaran rectum. Sedangkan suaranya berbeda karena jumlah tekanan gas serta otot yang berbeda dari setiap orang.

Bicara mengenai kentut, sebenarnya hal tersebut adalah wajar dan tidak ada masalah sama sekali. Justru sangat bagus guna membuang gas di dalam tubuh. Tapi yang perlu menjadi perhatian khusus, jika Anda kentut sepanjang hari melebihi batas normal.

Menurut ahli Gastroenterolog, Kyle Staller, normalnya seseorang mengeluarkan 0,5 sampai 1,5 liter gas setiap harinya. Angka tersebut tidak bisa dipastikan jumlah berapa kali orang kentut, sebab dalam sekali kentut, tidak diketahui secara pasti persentasi kadarnya. Namun, umumnya orang kentut lebih dari 5 kali sepanjang hari dan maksimal 20 kali.

Yang menjadi masalah jika seseorang kentut melebihi batas normal, anggap saja kentut 30 kali sehari. Hal tersebut dijelaskan jika orang tersebut sedang mengalami gangguan di dalam perutnya. Gangguan itu bisa berasal dari lambung atau pun proses pencernaan yang terganggu.

Maka, biasanya orang yang kentut lebih banyak sering merasa tidak nyaman pada tubuhnya. Rasa tidak nyaman tersebut bisa berupa sesak maupun penuh, walau belum makan sekalipun. Dalam kasus ini, para ahli menyarankan untuk tidak menganggap sepele. Sebab, jika dibiarkan begitu saja, akan menimbulkan masalah lebih serius lagi.

Disarankan untuk mengubah pola makan menjadi lebih teratur dan makan makanan sehat agar proses pencernaan menjadi lebih lancar. Tapi, perlu dihindari juga makanan yang mengandung gas tinggi, seperti brokoli, kubis, dan sebagainya. Tidak lupa pula harus rutin berolahraga untuk mengeluarkan racun di dalam tubuh secara alami.


DokterSehat | © 2023 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi