Terbit: 18 Januari 2022
Ditulis oleh: Muhamad Nuramdani | Ditinjau oleh: dr. Eko Budidharmaja

Apabila beberapa hari susah buang air besar (BAB), kapan waktu yang tepat untuk minum obat pencahar? Yuk, ketahui penjelasan selengkapnya di bawah ini!

Kapan Waktu yang Tepat Minum Obat Pencahar untuk Sembelit?

Apa Itu Sembelit?

Sembelit adalah kesulitan buang air besar (BAB) atau lebih jarang dari biasanya. Susah BAB merupakan kondisi yang umum terjadi dan dapat dialami oleh segala usia, mulai dari anak-anak, dewasa, dan lansia.

BAB yang normal biasanya terjadi sebanyak tiga kali sehari atau sedikitnya beberapa kali dalam seminggu. Jika tidak BAB selama 3 hari atau lebih bisa dikatakan tidak normal. Setelah 3 hari atau BAB kurang dari 3 kali seminggu, feses akan menjadi lebih keras dan lebih sulit untuk dikeluarkan.

Gejala Sembelit

Seseorang dapat dikatakan sembelit jika mengalami gejala berikut ini:

  • BAB kurang dari tiga kali seminggu.
  • Sedikit mengeluarkan feses.
  • Feses kering, keras, dan kasar.
  • Feses sulit atau menyakitkan untuk dikeluarkan.
  • Mengalami sakit perut atau kram.
  • Merasa kembung dan mual.
  • Merasa belum sepenuhnya mengosongkan isi perut setelah beraktivitas.

Baca Juga: Makanan Penyebab Sembelit dan Cara Mengatasinya

Apakah Anda Butuh Pencahar?

Jika mengalami gejala sembelit yang telah disebutkan di atas, tandanya Anda membutuhkan pencahar untuk melancarkan BAB.

Berikut ini rekomendasi beberapa pencahar alami:

1. Air

Minum air yang cukup sangat penting agar tubuh tetap terhidrasi, yang membantu mencegah sembelit.

Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa tubuh tetap terhidrasi bisa membantu meringankan sembelit dengan meningkatkan konsistensi feses, membuatnya lebih mudah untuk dikeluarkan.

2. Aloe vera

Jika mengalami sembelit secara teratur, ini adalah waktu yang tepat minum obat pencahar. Anda bisa minum 1 cangkir jus aloe vera alias lidah buaya sebagai pencahar alami, karena bagian luar tanaman ini memiliki senyawa antrakuinon yang memberi efek pencahar.

Meski begitu, Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) belum menetapkan bahwa lidah buaya aman digunakan sebagai pencahar untuk mengatasi susah BAB.

3. Apel

Buah apel mengandung serat yang banyak, yaitu sekitar 3 gram serat per cangkir (125 gram). Ditambah lagi, apel tinggi kandungan pektin, sejenis serat larut yang dapat bekerja sebagai pencahar.

4. Plum

Buah plum adalah salah satu pencahar alami yang paling populer. Plum mengandung banyak serat, yakni sebanyak 7,7 gram dalam secangkir (248 gram).

Buah ini juga memiliki sorbitol, sejenis gula alkohol yang bertindak sebagai pencahar bila dikonsumsi dalam jumlah banyak.

5. Biji Adas

Biji adas juga bisa mengendurkan otot-otot di usus, yang membantu meringankan sembelit. Otot-otot yang rileks di perut dan usus membantu meredakan gas yang berasal dari sembelit atau refluks asam.

Anethole adalah kandungan utama biji adas yang memberikan efek pencahar.

6. Senna

Senna adalah ramuan yang diekstrak dari tanaman Senna alexandrina. Ramuan ini sering kali digunakan sebagai pencahar stimulan alami. Kandungan sennoside dalam senna memberikan efek penghilang sembelit.

Sennoside adalah senyawa yang bekerja dengan mempercepat gerakan sistem pencernaan untuk merangsang BAB. Ini juga meningkatkan penyerapan cairan di usus besar untuk melancarkan BAB.

Baca Juga: BAB Keras? Hindari 14 Makanan Penyebab Sembelit Ini

Kapan Waktu yang Tepat untuk Minum Obat Pencahar?

Apabila sudah mencoba menggunakan pencahar dari bahan-bahan alami tetapi tidak efektif, Anda bisa mengonsumsi obat pencahar herbal. Obat pencahar herbal dapat membantu melunakkan feses yang keras, sehingga BAB yang mandek bisa lancar.

Laxing adalah obat yang berkhasiat untuk membantu mengatasi keluhan susah BAB. Obat herbal ini 100% terbuat dari bahan-bahan alami, termasuk aloe vera, daun senna dan biji adas.

obat pencahar laxing doktersehat

Kapan waktu yang tepat untuk minum obat pencahar? Obat herbal Laxing bisa Anda konsumsi setiap hari secara rutin jika sedang mengalami sembelit. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, sebaiknya Laxing diminum sebanyak 1-2 kapsul setelah makan malam dan sebelum tidur.

Selama mengonsumsi obat herbal ini, dianjurkan dibarengi dengan diet makanan sehat berserat dan rajin olahraga agar BAB Anda lancar secara konsisten.

 

  1. Anonim. 2021. What Is Constipation?. https://www.webmd.com/digestive-disorders/understanding-constipation-basics (Diakses pada 13 Januari 2022)
  2. Anonm. 2019. Constipation. https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/4059-constipation (Diakses pada 13 Januari 2022)
  3. Iftikhar, Noreen. 2019. Fennel Seeds for Fighting Gas. https://www.healthline.com/health/fennel-seeds-for-gas#about (Diakses pada 13 Januari 2022)
  4. Link,Rachael. 2021. Natural Laxatives for Constipation: Everything You Need to Know. https://www.healthline.com/nutrition/20-natural-laxatives (Diakses pada 13 Januari 2022)
  5. Nall, Rachel. 2019. What are the health benefits of aloe vera juice?. https://www.medicalnewstoday.com/articles/benefits-of-aloe-vera-juice (Diakses pada 13 Januari 2022)


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi