Terbit: 26 August 2018 | Diperbarui: 31 January 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Karena setiap hari kita makan 3 kali, maka perut pun akan menjadi penuh dengan makanan. Memang, makanan ini kemudian dicerna sehingga tentu jumlahnya akan berkurang, namun banyak orang yang menyebutkan bahwa perut perlu dikosongkan dari berbagai kotoran dan ampas makanan tersebut agar tubuh tetap sehat. Cara untuk mengosongkan perut ini tentu saja dengan buang air besar setiap hari.

Agar Sehat, Haruskah BAB Setiap Hari?

Banyak orang yang menganggap kebiasaan tidak buang air besar setiap hari bisa membahayakan kesehatan sehingga sebaiknya dilakukan setiap hari meskipun kita sedang tidak ingin untuk melakukannya. Padahal, menurut pakar kesehatan, kita tidak perlu melakukannya setiap hari.

Menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan hasilnya dalam jurnal berjudul Scandinavian Journal of Gastroenterology, dihasilkan fakta bahwa akan jauh lebih baik jika kita buang air besar setiap hari, namun mengingat tidak semua orang bisa melakukannya karena faktor kebiasaan atau kecepatan metabolisme tubuh, tidak apa-apa jika kita memang terbiasa buang air besar setiap 2 atau 3 hari sekali.

Asalkan tubuh terasa nyaman meski tidak buang air besar setiap hari, maka kita pun tidak perlu khawatir dengan kondisi kesehatan kita. Bukan frekuensi buang air besar yang patut untuk kita perhatikan, melainkan kualitas buang air besar. Sebagai contoh, kita tidak mengalami sembelit atau diare serta bentuk kotoran yang kita keluarkan juga sehat.

Demi memastikan buang air besar bisa tetap lancar, pakar gizi bernama Kimberly Snyder menyebutkan bahwa ada baiknya kita rajin-rajin mengonsumsi makanan kaya serat seperti sayuran dan buah serta selalu memenuhi kebutuhan air putih setiap hari.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi