Terbit: 20 September 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Salah satu penyakit yang sering kita alami adalah diare. Sayangnya, karena cukup sering terjadi dan wajar dialami oleh siapa saja, diare kini dianggap sebagai penyakit yang ringan dan cenderung dibiarkan begitu saja hingga sembuh dengan sendirinya. Padahal, jika dibiarkan, diare bisa memberikan efek yang sangat buruk bagi kesehatan, termasuk memicu kematian!

Jangan Dibiarkan, Diare Bisa Memberikan Dampak Fatal Ini

Tahukah anda jika diare adalah penyebab kematian kedua pada balita setelah pneumonia? Kebanyakan orang berpikir jika diare hanya akan menyebabkan dehidrasi karena penderitanya kehilangan banyak cairan tubuh. Padahal, dalam realitanya mereka juga kehilangan elektrolit yang sangat penting bagi berbagai sistem yang ada dalam tubuh.

Jika diare dibiarkan, maka tubuh juga akan kehilangan seng dan menyebabkan kerusakan pada usus. Memang, dengan minum oralit kita bisa mengatasi dehidrasi dan mengembalikan elektrolit, namun, hal ini sama sekali tidak menurunkan durasi dan keparahan diare. Karena alasan inilah penderita diare harus memeriksakan kondisi ini ke dokter demi mendapatkan obat yang tepat untuk mengatasinya.

Jika perlu, penderita diare juga bisa mengonsumsi tablet yang kaya akan kandungan seng demi memenuhi kebutuhan sekitar 300 enzim yang ada di dalam tubuh kita. Dengan mengonsumsi tablet ini, maka frekuensi dan keparahan diare bisa diturunkan dengan signifikan.

Hanya saja, jika kita tidak menemukan tablet seng ini, kita juga bisa memperbanyak asupan kaya seng seperti daging-dagingan, makanan laut, dan beberapa jenis sayuran. Salah satu jenis sayuran yang kaya akan nutrisi ini adalah brokoli. Selain memiliki kandungan mikronutrien, brokoli juga kaya akan asam lemak omega 3 dan kalsium yang bisa membantu mengatasi diare dengan lebih baik.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi