Terbit: 8 February 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Saat akan atau sedang haid, beberapa wanita kerap merasakan rasa sakit pada area perut. Beberapa wanita sampai pingsan karena kram yang terjadi di area perut membuat mereka tidak tahan dan mengganggu segala aktivitas hariannya.

Gampang Lelah Saat Haid, Coba Solusi Ini

Selain memberikan rasa sakit yang sangat hebat, haid juga menyebabkan wanita jadi lemas dan gampang lelah. Keadaan ini akan berlangsung selama satu minggu sehingga para wanita jadi kurang produktif.

Kalau Anda merasa terganggu dengan rasa lemas yang tidak ada habis-habisnya, coba lakukan beberapa hal di bawah ini.

1. Makan lebih sering dengan porsi sedikit
Saat sedang haid, wanita kerap mengalami sakit yang membuat mereka malas melakukan apa saja termasuk  makan. Untuk menyiasati rasa malah ini, Anda bisa makan lebih sering dengan porsi sedikit. Dengan melakukan ini, tubuh bisa terus mendapatkan energi sehingga rasa lemas bisa dihindari.

2. Teratur minum air putih
Rasa lemas yang dialami oleh wanita bisa jadi karena dehidrasi. Untuk mengatasi hal ini, wanita disarankan untuk tetap minum air putih setiap hari. Saat haid, air putih sebanyak 8 gelas tetap harus masuk ke dalam tubuh agar kondisi cairan tetap seimbang.

3. Tetap berolahraga
Meski perut kadang sakit, olahraga saat haid juga harus dilakukan. Olahraga bisa membuat tubuh tetap segar dan aktif. Lakukan jalan santai dengan durasi 30 menit saat pagi atau sore agar tubuh berkeringat.

4. Hindari minuman berkafeina
Saat haid jangan sesekali mengonsumsi minuman yang mandung kafeina seperti kopi atau teh. Lebih baik banyak mengonsumsi air putih agar saat malam hari tidur bisa berjalan dengan lancar. Kalau Anda mengonsumsi minuman dengan kadar kafeina tinggi, tidur akan terganggu sehingga tubuh mudah lelah esok harinya.

 


DokterSehat | © 2023 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi