Terbit: 7 Maret 2022 | Diperbarui: 9 Juni 2022
Ditulis oleh: Muhamad Nuramdani | Ditinjau oleh: dr. Ursula Penny Putrikrislia

Ciri-ciri tanaman beracun penting untuk dikenali jika Anda suka memelihara tanaman atau pergi ke hutan, misalnya hiking atau trekking di hutan. Tanaman beracun dapat menyebabkan iritasi ringan hingga kematian! Yuk, kenali ciri-cirinya dalam penjelasan di bawah ini!

5 Ciri-ciri Tanaman Beracun yang Mungkin Tumbuh di Sekitar Rumah

Ciri-Ciri Tanaman Beracun

Biasanya tanaman beracun dapat menimbulkan dampak buruk bagi tubuh, baik dengan menelan atau menyentuhnya. Ini berbahaya terutama bagi orang yang memiliki alergi dan kepekaan terhadap zat tertentu, dengan gejala yang biasa terjadi seperti peradangan kulit, mual, muntah, dan gatal-gatal.

Tanaman beracun juga bisa berbahaya bagi hewan peliharaan, itulah mengapa penting untuk mengenali ciri-cirinya.

Berikut ini ciri ciri tumbuhan beracun:

1. Bergetah susu

Tidak semua tanaman yang memiliki getah susu beracun, tetapi kebanyakan beracun. Tanaman bergetah susu adalah salah satu ciri paling umum yang harus dikenali. Cara mengenalinya, tekan dan putar daun menggunakan sarung tangan dan lihat apakah tanaman mengeluarkan getah susu, jika ada, hindari jangan sampai tertelan.

Beberapa tumbuhan yang biasa mengeluarkan getah susu adalah calotropis (biduri atau widuri), milkweed, pepaya, tumbuhan genus euphorbia, dan bunga balon. Pohon ficus dan ara juga mengeluarkan getah yang dapat menyebabkan iritasi kulit pada orang yang sensitif.

2. Memiliki warna mencolok

Tumbuhan seperti mata boneka (doll’s eyes) dan ek beracun, yang berbentuk seperti buah beri berwarna putih dan kuning. Tumbuhan ini sangat beracun dan menyebabkan mual, diare, dan dapat berakibat fatal jika tertelan dalam jumlah banyak.

Ketika di hutan, apabila Anda menemukan tanaman yang tidak dikenal memiliki buah seperti beri, sebaiknya selalu berhati-hati dan ingat apa saja ciri-ciri tanaman beracun.

3. Tumbuhan berbentuk payung

Tanaman atau tumbuhan yang berbentuk seperti payung, baik dari bentuk daun, bunga, atau tumbuhan itu sendiri. Jenis tanaman ini biasanya tumbuh di daerah lembap, termasuk di tepi sungai, parit, rawa, dan danau.

Contoh tanaman berbentuk payung yang paling beracun adalah hemlock air (cicuta maculate) dan cow-bane. Bunga dari tanaman ini seperti peterseli yang membentuk payung. Jika tertelan dalam jumlah tertentu, tanaman ini bahkan bisa membahayakan nyawa.

4. Daun tunggal memiliki tiga ujung runcing

Ciri-ciri tumbuhan beracun lainnya bisa anda kenali dari daun dengan tiga sudut runcing, misalnya poison ivy (jelatang) dan poison oak.

Cara mudah untuk mengenali ciri poison ivy dan poison oak adalah terdapat tiga ujung runcing di setiap daun, yang membuat pola satu satu daun tegak dan satu daun di setiap sisi kiri dan kanan.

Jika Anda pernah melihat tanaman merambat seperti tanaman dengan daun hijau mengkilap dan tiga sudut runcing di daun, maka waspadalah kemungkinan ini adalah poison ivy.

5. Daun tampak hijau mengkilap atau kusam

Salah satu ciri-ciri tumbuhan beracun yang paling umum adalah daun tampak hijau mengkilap yang menarik atau tampak kusam. Ciri daun ini dapat terlihat dalam pola, bergerigi pada tepi daun dan terasa halus pada daun.

Beberapa contoh tanaman ini adalah jelatang, kayu beracun (masih kerabat poison ivy) dan poison oak. Kandungan dalam tanaman yang membuatnya beracun adalah alkaloid, glikosida, urushiol, dan arsenik. Kandungan ini bahkan dapat menyebabkan kematian.

Baca Juga: 11 Ciri Keracunan Makanan yang Paling Umum (Wajib Waspada)

Pertolongan Pertama Keracunan Tanaman

Jika Anda atau orang lain telah terpapar tanaman yang beracun, penting untuk mengambil langkah-langkah pertolongan pertama. Hal ini diperlukan untuk mencegah efek berbahaya dari tanaman beracun.

Berikut ini pertolongan pertama jika keracunan tanaman:

  • Jika kontak kulit, cuci kulit dengan lembut dengan air mengalir.
  • Apabila kontak mata, basuh mata dengan air mengalir yang jernih selama 10-15 menit.
  • Jika tanaman beracun tertelan, sebaiknya buang sisa tanaman dan cuci mulut.
  • Segera hubungi Sentra Informasi Keracunan (SIKer) yang tertera di pionas.pom.go.id
  • Jika perlu mengunjungi rumah sakit, bawalah sampel atau foto tanaman yang diduga beracun jika memungkinkan.
  • Apabila anak mengalami kesulitan bernapas, tidak sadarkan diri, atau pingsan, segera hubungi rumah sakit terdekat.

Nah, itu dia ciri-ciri tumbuhan beracun yang perlu Anda kenali.

 

  1. Anonim. How to Identify Poisonous Plants-in The Garden. https://balconygardenweb.com/how-to-identify-poisonous-plants-in-the-garden/. (Diakses pada 7 Maret 2022)
  2. Anonim. 2021. How to Identify Poisonous Plants in the Garden. https://balconygardenweb.com/how-to-identify-poisonous-plants-in-the-garden/. (Diakses pada 7 Maret 2022)
  3. Anonim. Daftar Sentra Keracunan di Indonesia. https://pionas.pom.go.id/ioni/bab-16-penanganan-darurat-pada-keracunan/daftar-sentra-keracunan-di-indonesia. (Diakses pada 7 Maret 2022)
  4. Anonim. Poisonous or harmful plants. https://www.schn.health.nsw.gov.au/fact-sheets/poisonous-or-harmful-plants. (Diakses pada 7 Maret 2022)


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi