Terbit: 20 February 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Stres tidak sama dengan jenis penyakit lainnya. Saat mengalami stres, Anda tidak akan bisa melihat atau mendengar gejalanya. Namun, Anda bisa merasakannya tanpa orang lain tahun. Itulah mengapa stres cukup berbahaya untuk semua orang khususnya pria karena bisa memengaruhi aspek kesehatan pada tubuhnya.

Cara Stres Memengaruhi Kesehatan Pria

Kalau stres pada tubuh tidak bisa dihentikan atau diminimalkan, beberapa masalah kesehatan di bawah ini bisa terjadi.

1. Membuat ketertarikan pria pada wanita menurun
Maksud dari poin ini adalah pria jadi malas untuk menjalin hubungan dengan wanita, bukan berubah orientasi seksualnya. Pria dengan kadar stres tinggi biasanya jadi mudah melakukan hal buruk seperti kerap minum alkohol, mengonsumsi obat terlarang, hingga melakukan tindak kekerasan.

Pria dengan tingkat stres tinggi juga jadi malas menjalin hubungan seks dengan wanita atau kalau pun menjalin, orientasinya hanya seks saja.

2. Stres menyebabkan gangguan jantung
Pria cenderung menanggapi tekanan lebih besar dari wanita. Sifat yang keras dan tidak mau menyerah membuat tekanan semakin kuat sehingga tubuh meresponsnya dengan adanya gangguan pada jantung. Pria dengan kadar stres tinggi biasanya kerap makan sembarangan untuk membuat rasa nyaman meski tubuh menjadi tidak sehat karena hal ini.

3. Stres mengubah gaya hidup
Selain membuat pria jadi makan sembarangan, kondisi ini juga membuat pria jadi memiliki gaya hidup tidak sehat. Misal jarang makan, tidur kurang, hingga malas melakukan olahraga. Stres membuat tubuh jadi kurang beristirahat sehingga mengganggu peredaran darah.

4. Stres menyebabkan diabetes tipe 2
Stres menyebabkan pria makan sembarangan untuk membuat dirinya jadi nyaman. Makan dengan tidak memerhatikan nutrisi menyebabkan pria alami kegemukan. Kalau kegemukan ini terus dibiarkan pria bisa alami diabetes tipe 2 yang berbahaya karena bisa menyebabkan kematian.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi