Terbit: 28 Februari 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Kalau Anda tipe pria klimis yang tidak menyukai rambut wajah atau facial hair, rambut pada janggut pasti akan dibabat habis. Namun, kalau Anda menyukai rambut pada rambut, janggut adalah bagian paling tepat untuk menambah sisi maskulinitas dan juga penampilan.

Cara Rawat Janggut yang Tepat untuk Pria

Photo Credit: Menshealth.com

Tumbuhnya rambut pada janggut
Rambut yang ada pasca wajah pria muncul karena dipicu oleh hormon testosteron yang tinggi. Saat masa puber tiba, rambut pada wajah akan muncul mulai dari kumis hingga pada bagian janggut. Kalau hormon testosteron yang dimiliki oleh pria rendah, rambut pada wajah khususnya janggut tidak akan tebal, bahkan tidak tumbuh sama sekali.

Cara menjaga rambut pada janggut
Untuk menumbuhkan rambut pada janggut, beberapa pria kerap menggunakan obat, terapi, atau dengan krim oles lainnya. Setelah tumbuh, rambut harus dijaga dengan baik agar tidak rusak atau malah terlihat jelek saat dibiarkan tumbuh. Kalau Anda ingin merawat rambut pada janggut, coba lakukan beberapa hal di bawah ini.

  • Cuci janggut secara teratur. Seperti halnya rambut pada kepala dan juga kemaluan, bulu pada janggut juga harus dirawat dengan teratur. Caranya adalah dengan dicuci sebanyak 2-3 kali seminggu dengan menggunakan sabun. Proses pencucian ini dilakukan untuk menghilangkan kulit mati, melembutkan rambut, dan membunuh bakteri yang kemungkinan menempel.
  • Janggut juga merupakan rambut dan bagian dari wajah. Masalah yang kerap terjadi di sana seperti jerawat atau infeksi pada rambut bisa terjadi di Untuk itu coba gunakan produk perawatan wajah yang benar.
  • Cukur jenggot secara rutin. Rapikan bagian yang terlalu lebat karena saat berkeringat, bagian itu akan menjadi lembap dan akhirnya banyak digunakan oleh bakteri sebagai tempat berkembang biak.

Mau berambut atau tidak, jenggot harus dirawat dengan baik agar wajah tetap terlihat cerah setiap saat.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi