Terbit: 6 Maret 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Ketika memiliki bayi, kesehatan anak tentu menjadi prioritas utama Anda. Salah satunya adalah menjaga kebersihan lingkungan di sekitar anak Anda dengan rutin membersihkan kamar, mainan dan ruangan bermain anak.

4 Cara Mudah Mencegah Anak Tertular Penyakit dari Orang Lain

Awas, Penyebaran Kuman Penyakit

Namun, ada satu sumber kuman yang sulit dikendalikan, yaitu kuman yang menyebar dari orang lain seperti anggota keluarga lainnya, teman, atau orang asing yang berada di sekitar si kecil.

Hal ini tidak selalu berdampak buruk bagi anak karena ia Anda dapat melatih kekebalan tubuhnya. Tetapi akan lebih baik lagi jika Anda mampu mencegah anak untuk tidak tertular kuman atau penyakit dari orang lain.

Jaga Si Kecil dari Serangan Kuman Penyakit

Dikutip dari laman WebMD, berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga bayi agar tidak tertular kuman dari orang lain:

1. Cuci tangan sebelum memegang bayi
Salah satu cara penularan penyakit yang paling mudah adalah lewat sentuhan. Karena itu jika ada anggota keluarga yang ingin memegang anak Anda, terutama jika usianya masih bayi, minta mereka untuk mencuci tangannya lebih dahulu. Bukan hanya saat ingin memegang bayi, namun juga ketika orang lain membantu menggantikan popok atau menyiapkan makanan bagi bayi Anda.

2. Sediakan hand sanitizer

Ada kalanya Anda berada di tempat yang jauh dari air bersih untuk mencuci tangan. Karena itu, selalu sediakan hand sanitizer di tas Anda untuk berjaga-jaga. Selain hand sanitizer Anda juga dapat menyediakan tisu basah untuk membersihkan tangan dari kuman.

3. Batasi sentuhan
Melihat anak kecil yang lucu dan menggemaskan tentu membuat orang lain tak tahan ingin mencium wajah dan tangan anak Anda. Namun jangan segan untuk menolaknya karena alasan kesehatan. Menurut Robert W. Frenck Jr., MD, profesor dari Cincinnati Children’s Hospital Medical Center, tamu Anda boleh mencium atau memegang area kaki bayi jika benar-benar gemas.

4. Berikan vaksin
Selain memberi perlindungan dari dalam, Anda juga bisa memberi perlindungan ekstra dari luar melalui vaksinasi. Berikan vaksin sesuai jadwal yang diberikan dokter. Vaksin tidak hanya melindungi anak dari berbagai penyakit serius namun dapat juga melindungi anak dari flu dan demam.

Nah, semoga Anda sekeluarga selalu terlindungi dari serangan kuman penyebab penyakit, ya!


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi