Terbit: 15 Februari 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Bepergian dengan anak tentu menjadi momen yang menyenangkan bersama keluarga, baik itu sekedar pergi ke mal, restoran, atau ke tempat wisata untuk liburan bersama. Namun terkadang suasana menyenangkan tersebut harus sedikit terganggu akibat anak Anda yang tidak berhenti menangis. Anak yang menangis dan menjerit terus menerus tentu dapat membuat frustrasi, namun Anda harus tetap bijak menghadapinya.

Cara Mengatasi Anak Rewel di Tempat Umum

Beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi anak yang rewel saat berada di tempat umum antara lain:
1. Periksa kondisi anak
Anak yang menangis bisa berarti apa saja. Ia bisa saja bosan, lapar, letih, sakit. Jika anak sudah bisa mengungkapkan perasaannya, tanyakan apa yang membuatnya menangis. Jika belum, periksa kondisi badannya apakah ada yang cedera atau tidak.

2. Tetap tenang
Kadang anak juga menangis untuk mendapatkan apa yang ia inginkan, seperti mainan baru, atau hal lain yang menarik perhatiannya. Saat menghadapi hal ini, usahakan untuk tetap tenang dan jangan panik. Jangan marahi anak di depan umum karena justru akan membuatnya semakin rewel dan dapat mengganggu kondisi psikologisnya.

3. Redakan amarahnya
Jika anak menangis karena menginginkan sesuatu yang tidak Anda turuti, coba alihkan keinginannya dengan hal lain yang bisa Anda berikan. Anda tidak perlu menuruti semua keinginan anak hanya karena dia menangis. Pertimbangkan

4. Pergi ke tempat lain
Jika Anda sedang berada di tempat yang tenang seperti rumah ibadah atau bioskop, sebaiknya Anda membawa si kecil pergi keluar agar tidak mengganggu orang di sekitar Anda. Ketika berada di tempat yang lebih sepi, baru mulai menenangkan bayi Anda.

5. Bawa mainan kesukaan anak
Jika Anda melakukan perjalanan pada waktu yang lama, kadang anak menangis karena merasa bosan atau asing dengan lingkungan barunya. Bawakan mainan kesukaannya agar membuatnya merasa nyaman seperti di rumah.

6. Sediakan makanan/minuman ringan
Salah satu penyebab anak menangis adalah bahwa ia sedang lapar. Sebaiknya bawa bekal makanan atau minuman ringan untuk menghindari rewel.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi