Terbit: 23 February 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Dampak dari hubungan seks yang terlalu bebas dan gonta-ganti pasangan adalah risiko terkena penyakit menular seksual. Penyakit ini bisa muncul dalam bentuk gonore dan yang paling banyak dialami oleh pria adalah kutil kelamin.

Cara Atasi Kutil pada Penis yang Mengganggu

Kutil kelamin bisa dengan mudah menyebar dari hubungan seksual tidak sehat, misal tanpa menggunakan kondom. Virus akan menyebar dan akhirnya membentuk kutil yang terus membesar dan mengganggu kesehatan penis secara bertahap.

Penyebab kutil kelamin
Kutil kelamin disebabkan oleh human papilloma virus atau HPV. Virus ini menyebabkan tumbuhnya kutil pada seluruh permukaan kulit khususnya pada penis. Biasanya virus tipe 6 dan tipe 11 dari HPV inilah uang mudah menyebar saat berhubungan badan dan akhirnya membentuk kutil yang mengganggu.

Mengatasi kutil kelamin
Untuk menyembuhkan kutil kelamin, Anda bisa mengunjungi dokter dan meminta obat atau salep. Salin dengan cara itu, ada beberapa herba atau minyak yang bisa digunakan untuk menyembuhkan kutil kelamin.

1. Minyak pohon teh
Minyak pohon teh dibuat dengan mengekstrak pohon jenis Melaleuca alternifolia. Minyak ini sudah teruji secara klinis mengandung antibakteri, antijamur, dan antivirus yang alami. Kandungan yang terdapat pada minyak ini cocok untuk menyembuhkan kutil kelamin karena mampu membunuh HPV.

Penggunaan minyak ini bisa dilakukan dengan melakukan pengolesan, bukan diminum. Anda bisa mengonsultasikannya dengan dokter sebelum cara pengobatan ini dilakukan.

2. Ekstrak teh hijau
Ekstrak teh hijau bisa dibuat menjadi salep yang bermanfaat untuk mengobati kutil kelamin. Salep dengan kandungan ini akan mengecilkan atau membuat kutil lepas dari penis. Oh ya, sebelum menggunakan salep dengan ekstrak teh hijau, konsultasikan dengan dokter.

3. Bawang Putih
Untuk mengobati kutil pada kelamin, bawang putih bisa dihancurkan hingga lembut lalu dicampur dengan minyak zaitun. Selanjutnya campuran bawang putih bisa dioleskan pada penis secara merata serta beberapa bagian di sekitarnya.

Kalau tiga cara di atas tidak mampu menyembuhkan kutil yang ada pada penis, coba segera lakukan pemeriksaan dan pengobatan ke dokter spesialis kulit dan kelamin.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi