Terbit: 21 March 2018 | Diperbarui: 21 September 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Artis berusia 38 tahun bernama Busy Philipps mengalami masalah pada matanya setelah menjalani sesi foto selama lebih dari 10 jam untuk sebuah majalah. Fakta ini terungkap setelah sang artis mengunggah masalah kesehatannya di Instagram Stories pribadinya.

Kena Cahaya Kamera Selama 10 Jam, Mata Artis Ini Sakit Parah

Photo Source: Instagram/ Busy Philipps

Dikutip dari Daily Mail, Philipps telah melakukan berbagai cara untuk membuat matanya yang terasa perih dan terus mengeluarkan air mata ini seperti dengan mengompresnya dengan kain, hingga meminum obat anti alergi sesuai dengan saran orang-orang yang melihat unggahannya di media sosial. Namun, semua cara ini tak membuat kondisi matanya lebih baik. Bahkan, saat ingin tidur malam, Ia kesulitan menutup matanya karena merasakan sensasi seperti tertusuk duri tajam. Ia pun segera pergi ke rumah sakit untuk memeriksakan diri.

Di Unit Gawat Darurat rumah sakit inilah Philipps akhirnya didiagnosis terkena photokeratisis, peradangan pada kornea mata yang disebabkan oleh paparan cahaya terang berlebihan. Diduga, penyebab masalah ini adalah cahaya kamera saat menjalani sesi foto sebelumnya. Menurut pakar kesehatan, masalah kesehatan ini memang rentan terjadi pada orang-orang dengan mata berwarna biru.

Photokeratisis bisa menyerang siapa saja yang terkena paparan ultraviolet yang sangat terang, yang biasanya terjadi saat kita mengunjungi pantai di siang hari dalam cuaca yang sangat cerah atau terkena paparan cahaya lampu yang sangat terang seperti dari kamera. Efek dari photokeratisis ini bisa membuat penderitanya kehilangan penglihatan untuk sementara hingga sensasi sakit yang luar biasa.

Dokter yang menangani masalah kesehatan ini menyarankan Philipps untuk lebih berhati-hati saat menjalani sesi foto atau sedang menikmati sinar matahari saat berada di pantai atau kapal pesiar karena kondisi ini. Ia pun menjalani penanganan medis selama 4 jam di UGD demi mengatasi masalah pada matanya.

Sobat Sehat sering memakai kacamata hitam saat cahaya sedang sangat terang tidak? Lakukan hal tersebut agar tidak mengalami masalah seperti yang dialami Busy Phillipps ya?


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi