Terbit: 26 February 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Bagi kebanyakan anak, khususnya balita, mandi adalah kegiatan yang sangat menyenangkan untuk dilakukan karena membuat mereka bisa bermain air. Namun, bagi balita berusia 1,5 tahun bernama Ivy Angerman dari Minnesota, Amerika Serikat, mandi bisa menjadi hal yang sangat tidak menyenangkan. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

Terkena Alergi, Bocah Ini Tidak Boleh Mandi Lama-Lama

Photo Source: zu_qiu.com

Ivy mengalami kondisi langka bernama aquagenic urticarial. Kondisi ini membuatnya tidak bisa berlama-lama menyentuh air. Jika Ivy menyentuh air lebih dari 15 detik, kulitnya akan segera mengalai gatal-gatal dan ruam yang parah. Memang, kondisinya bisa diatasi dengan antihistamin atau anti alergi, namun, mengingat konsumsi obat-obatan dalam jangka panjang kurang baik bagi kesehatan, dokter yang menangani kondisi Ivy pun menyarankan orang tuanya untuk menyediakan air yang sudah dimurnikan untuk mandi dan minum. Selain itu, kondisi rumahnya juga harus disesuaikan iklimnya agar aman bagi kondisi kesehatannya.

Dan Angerman, ayah dari bocah malang ini menyebut kondisi buah hatinya sangat melukai hatinya. Sang ibu, Brittany, juga bingung dengan masa depan Ivy. Ia khawatir jika Ivy nantinya tidak bisa masuk ke daycare atau bersekolah sebagaimana anak-anak biasanya. Ia pun berharap ada dokter yang bisa menyembuhkan penyakit langka ini.

Pakar kesehatan yang berasal dari Mayo Clinic memiliki pendapat yang berbeda tentang kondisi kesehatan Ivy. Ada yang menganggap kondisi Ivy akan sembuh dengan sendirinya, namun ada pula yang menganggap kondisinya bisa menjadi semakin parah.

Hingga kini, Ivy masih menjalani serangkaian pemeriksaan untuk mencari tahu bagaimana cara menyembuhkan penyakit yang dideritanya.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi