Terbit: 14 March 2018 | Diperbarui: 27 October 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Hanya karena menguap, seorang wanita tua berusia 83 tahun dari India mengalami dislokasi rahang yang membuatnya tidak lagi mampu menutup mulutnya. Ia pun harus melakukan operasi rahang yang sangat rumit untuk memerbaiki kondisi ini.

Setelah Menguap, Wanita Ini Tidak Mampu Menutup Mulutnya Lagi

Dikutp dari Indian Express, tim dokter yang dipimpin Dr. Prasad Dadhe dari Sahyadri Multispeciality Hospital yang ada di kota Pune, India, pada minggu, 11 Maret 2018 lalu mengoperasi rahang sang nenek malang tersebut. Dr. Dadhe menyebut rahang sang nenek terkunci akibat dislokasi rahang setelah menguap sebulan yang lalu.

Sejak saat itu, sang nenek tidak mampu makan dan minum dengan baik akibat mulutnya yang terus berada dalam kondisi terbuka. Kondisi ini membuatnya mengalami kelaparan, dehidrasi, dan penurunan berat badan dengan drastis. Tubuh sang nenek yang mulai mengalami kejang otot parah sebagai efek samping dari penurunan asupan nutrisi dengan drastis juga membuat dokter dengan terpaksa membiusnya.

Dr. Dadhe menyebut dislokasi rahang sebagai hal yang sangat jarang terjadi pada para lansia ataupun orang-orang dengan usia yang lebih muda. Yang menjadi masalah adalah, kondisi ini akan membuat seseorang tidak mampu menutup mulutnya hingga posisi rahang dikembalikan ke kondisi yang normal dengan cara-cara medis yang tidak sederhana.

Sobat Sehat tentu pernah mendengar saran dari orang tua yang meminta kita untuk tidak terlalu membuka lebar-lebar mulut saat menguap atau menutup mulut saat melakukannya, bukan? Kalau melihat apa yang terjadi pada nenek ini, sepertinya saran ini benar adanya.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi