Terbit: 29 January 2018 | Diperbarui: 3 November 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Pemeran Said dalam acara komedi legendaris ‘Bajaj Bajuri’, Saleh Ali Bawazier, sedang berduka. Sang istri, Alyah, meninggal dunia setelah beberapa minggu dirawat karena mengidap myelofibrosis, salah satu jenis kanker darah yang sangat mematikan.

Istri Said ‘Bajaj Bajuri’ Meninggal Karena Mengidap Myelofibrosis

Dalam sebuah wawancara, Said menyebutkan bahwa istrinya dirawat beberapa kali di rumah sakit. Perawatan pertama dilakukan selama dua minggu. Setelah pulang, Ia dan keluarganya pergi ke kawasan Puncak untuk menenangkan pikiran. Namun, begitu pulang ke Jakarta, istrinya langsung dirawat di rumah sakit selama tiga minggu hingga akhirnya menghembuskan nafasnya yang terakhir.

Pakar kesehatan menyebut myelofibrosis sebagai kondisi tidak normal dari leukimia kronis. Pemicu dari penyakit ini adalah kelainan sumsum tulang, tempat dimana sel darah marah diproduksi di dalam tubuh. Myelofibrosis seringkali tidak muncul begitu saja, namun berkembang secara perlahan-lahan selama bertahun-tahun. Bahkan, banyak penderitanya yang sama sekali tidak merasakan gejala apapun di awal-awal terkena penyakit ini.

Hanya saja, saat kanker mulai berubah menjadi semakin parah, mereka akan mulai merasakan gejala seperti anemia parah yang bisa menyebabkan rasa lemah atau letih yang berlebihan, munculnya kembung atau rasa nyeri di sekitar tulang rusuk dan pinggang akibat dari semakin membesarnya limpa, memar-memar pada tubuh, pendarahan, keluarnya keringat saat tidur dalam jumlah yang banyak, demam tinggi, dan nyeri tulang.

Banyak penderita myelofibrosis yang akhirnya berakhir dengan kondisi Acute Myeloid Leukimia (AML), leukimia akut yang sangat ganas dan bisa membuat penderitanya meninggal hanya dalam waktu beberapa bulan saja.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi