Terbit: 25 January 2018 | Diperbarui: 3 November 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Alec Hebblethwaite, remaja berusia 14 tahun dari Kaiser, Missouri, Amerika Serikat, hampir saja meregang nyawa dan harus dirawat selama 106 hari di rumah sakit gara-gara makan sepotong sandwich. Apa yang menyebabkannya harus berada di rumah sakit selama itu?

Gara-Gara Makan Sandwich, Remaja Ini Hampir Meregang Nyawa

Sang ibu, Kasey Hunter, melihat ada yang tidak beres pada tubuh buah hatinya saat makan kerupuk di sela-sela latihan sepakbola. Sempat memeriksakan kondisi Alec ke rumah sakit, dokter hanya berkata bahwa ada baiknya Alec mengkonsumsi makanan lunak terlebih dahulu hingga tenggorokannya merasa lebih baik. Sayangnya, sebulan kemudian Alec tersedak setelah makan sandwich dan mengeluhkan rasa sakit yang luar biasa pada dadanya.

Setelah dilarikan ke rumah sakit, dokter terkejut tatkala menemukan kerongkongan remaja ini robek. Bahkan, robekan ini sudah mengalami infeksi. Bulan November 2017, dokter pun mendiagnosis dirinya terkena penyakit sistem kekebalan kronis berrnama eosinophilic esophagitis, kondisi yang sangat langka yang membuat sel darah putih terbentuk pada lapisan sela diantara mulut dan perut yang memicu tersedak dan robekan.

Alec tergolong sangat beruntung karena jika sampai orang tuanya membawanya ke rumah sakit 12 jam lebih lambat, Ia pasti sudah kehilangan nyawa. Kesigapan orang tuanya yang tidak menyepelekan rasa sakit pada tubuhnya-lah yang kemudian menyelamatkannya.

Pada awalnya, Kasey hanya berpikir jika Alec mengalami nyeri dada biasa. Namun, tatkala dokter mengecek dengan lebih seksama, ditemukan lubang di kerongkongannya. Para dokter bahkan mengaku terkejut dan ketakutan karena belum pernah menangani kasus seperti itu sebelumnya.

Kini Alec sudah keluar dari rumah sakit. Namun, Ia kini hanya diperbolehkan mengkonsumsi makanan lunak demi mencegah masalah yang sama untuk sementara waktu dan rutin melakukan dilatasi sekali dalam beberapa minggu demi membantunya tetap bernafas dengan lancar.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi