Terbit: 17 March 2018 | Diperbarui: 27 October 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Ratusan dokter di Quebec, Kanada, justru menolak tawaran naik gaji dari pemerintah karena merasa malu untuk mendapatkan pendapatan lebih tinggi sementara masih banyak orang, khususnya para pasien yang kesulitan mendapatkan pelayanan kesehatan yang baik karena sistem kesehatan yang masih sangat buruk di provinsi tersebut. Daripada menaikkan gaji mereka, para dokter ini justru meminta pemerintah provinsi untuk meningkatkan sistem kesehatan tersebut.

Dokter di Kanada Justru Menolak Naik Gaji

Dikutip dari BMJ, para dokter yang tergabung dalam Quebec Doctors for Public Health Care (MQRP) sejak 25 Februari 2018 telah menolak kenaikan gaji tersebut. Bahkan, pada 12 Maret 2018 lalu, 497 dokter yang terdiri dari 271 dokter keluarga, 226 dokter spesialis, dan 194 dokter magang telah menandatangani petisi untuk menolak kenaikan gaji.

Isabelle Leblanc, presiden dari kelompok dokter ini menyebut uang untuk kenaikan gaji ini sebaiknya digunakan untuk pelayanan kesehatan yang lebih baik, penyediaan klinik kesehatan yang lebih baik bagi semua kalangan, pembangunan fasilitas kesehatan jangka panjang, dan pencegahan penyakit yang lebih memadai.

“Kami ingin pasien menjadi inti dari sistem kesehatan yang ada di Quebec, bukannya para dokter,” ucap Leblanc.

Pada tahun 2015-2016, rata-rata dokter di Quebec mendapatkan gaji 255 ribu Dollar AS atau lebih dari 3 Miliar Rupiah per tahun. Bahkan, bagi para dokter spesialis, rata-rata gaji ini bahkan lebih tinggi, yakni 381 ribu dollar AS. Pada 9 Februari 2018, Federation of Medical Specialist of Quebec menyetujui kenaikan gaji para dokter ini hingga 1,4 persen sampai 2023.

Normand Laberge dari Quebec Medical Association menyebutkan bahwa sistem kesehatan di Quebec masih sangat buruk sehingga harus segera direformasi demi pelayanan kesehatan masyarakat yang lebih baik.

Wajar jika dokter mendapatkan pendapatan tinggi karena memang mereka harus bekerja keras dan seringkali harus menyelamatkan nyawa pasien. Kalau menurut Sobat Sehat, apa yang dilakukan para dokter dari Kanada ini keren tidak?


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi