Terbit: 5 March 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Selama bertahun-tahun, Kristy Kimberly hidup dengan kondisi malu dan kerepotan karena kaki kanannya mengalami kelainan yang membuatnya tak lagi tumbuh. Begitu memiliki kesempatan untuk mengamputasi kaki kanannya, Ia merasa bahagia dan justru berpikir jika hal ini akan membuatnya memiliki kehidupan yang lebih baik.

Bukannya Sedih, Wanita Ini Justru Bahagia Saat Kakinya Diamputasi

Wanita berusia 32 tahun ini menyebutkan bahwa saat usianya 6 tahun, Ia didiagnosis terkena tumor spinal cord, astrocytoma. Saat operasi pengangkatan tumor, saraf yang menghubungkan kaki dan sumsum tulang belakangnya mengalami kerusakan sehingga membuat kaki kanannya berhenti tumbuh. Saat kaki kiri dan bagian tubuh lain terus bertambah besar dan tinggi, kaki kanannya tetap saja berada dalam ukuran anak-anak. Kondisi ini membuatnya hanya bisa berjalan dengan alat bantu.

Meskipun sudah melakukan 19 kali operasi demi memperpanjang kaki kanannya, tetap saja kedua kakinya tidak berada dalam kondisi seimbang sehingga kerap menjadi bahan ejekan orang lain.

Juli 2017 lalu, ibu satu anak ini akhirnya memutuskan untuk melakukan amputasi kaki di Rumah Sakit St. Claire. Keputusan ini justru membuatnya merasa lebih bahagia. Ia merasa seperti telah melepas beban yang selama ini hinggap di tubuhnya. Kini, Kristy memakai kaki palsu prostetik berteknologi tinggi yang bisa membuatnya berjalan kaki atau melakukan hal-hal lain dengan normal. Ia pun menjadi lebih percaya diri karenanya.

Don Wimberly, suaminya dan Eva Irwin, putrinya, menyebut Kristy kini semakin percaya diri, apalagi saat kaki palsunya sudah dilengkapi dengan lutut bionik yang bisa dikendalikan dengan berat badan dan gerakan kaki bagian atas. Lutut ini juga bisa diatur sedemikian rupa dengan memakai ponsel pintar sehingga kini Kristy juga bisa melakukan olahraga seperti bermain tenis atau bisbol.

Kristy bahkan berencana akan ikut ambil bagian dalam Proyek Athena November yang membuatnya akan bersepeda dan berkayak selama 120 mil di sepanjang garis pantai Florida. Sesuatu yang tidak akan pernah bisa Ia lakukan jika tidak mengamputasi kaki kanannya.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi