Terbit: 10 March 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Kehadiran ayah sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangan anak. Sebuah studi baru-baru ini menemukan bahwa anak yang mirip dengan ayahnya ternyata cenderung lebih sehat. Bagaimana bisa?

Anak yang Mirip Ayahnya Akan Hidup Lebih Sehat?

Photo Credit: pexels.com

Dilansir dari laman science daily, Solomon Polachek, prefesor dari Binghamton University menyebutkan bahwa peran ayah sangat penting dalam membesarkan anak dan hal ini dapat dilihat dari kesehatan anak. Penelitian ini mengamati 715 keluarga dimana para bayi tinggal bersama ibu mereka.

Dari penelitian ini Polachek dan timnya menemukan bahwa bayi yang mirip seperti ayahnya saat lahir tumbuh lebih sehat selama satu tahun. Hal ini disebabkan oleh ayah menghabiskan waktu lebih banyak bersama anak mereka dibanding dengan ayah yang tidak mirip dengan bayinya.

“Ayah menganggap kemiripan bayi dengan mereka sehingga menghabiskan waktu lebih banyak dengan bayi tersebut,” ujar Profesor Polachek.

Para peneliti mengatakan bahwa penelitian ini dapat mendukung kebijakan untuk mendorong orang tua agar terlinat dalam pola asuh positif untuk memperbaiki kesehatan anak sejak usia dini.

Namun penelitian ini hanya meneliti dari keluarga yang memiliki orang tua tunggal. Bayi dalam penelitian ini lahir dari orang tua yang tidak menikah dan anak-anak mereka tinggal bersama ibunya dan hanya sesekali dikunjungi sang ayah. Tidak diketahui kaitan antara genetik orang tua dengan kesehatan anak yang tinggal bersama kedua orang tuanya.

Sebuah penelitian serupa juga pernah meneliti hubungan antara genetik ayah dan anak Dalam sebuah kajian dari jurnal Evolution and Human Behavior menyebutkan bahwa ayah cenderung mengabaikan kehadiran anak tiri dan anak angkat. Penelitian dari Profesor Polachek diharapkan mampu mendorong para ayah agar mau menghabiskan waktu lebih banyak dengan anak-anaknya.

Bagaimana pendapat Anda, Mom?


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi