Terbit: 6 Maret 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Orang tua tentu merasa cemas dan khawatir ketika anak sakit. Apalagi ditambah dengan kondisi selera makannya menurun dan tidak nafsu makan. Padahal saat sakit, anak Anda butuh makanan sehat sehingga daya tahan tubuhnya kembali maksimal. Lalu bagaimana cara agar anak yang sakit mau makan?

Anak Tidak Nafsu Makan Saat Sakit, Bagaimana Solusinya?

Untuk membantu memulihkan kesehatan anak yang tidak nafsu makan, Anda dapat mencoba beberapa cara seperti berikut ini:
1. Pastikan anak tidak dehidrasi
Meskipun susah makan, pastikan asupan cairan anak tercukupi. Hal ini bertujuan untuk mencegah anak dehidrasi. Terutama jika anak mengalami demam, muntah, diare, atau flu. Tubuh memerlukan air untuk melawan infeksi, karena itu perbanyak minum air putih untuk membantu proses penyembuhan. Selain air putih, Anda juga dapat memberikan variasi cairan dalam sup ayam, buah yang mengandung banyak air seperti jeruk, semangka, atau melon.

2. Berikan makanan kesukaannya
Saat Anda sakit tentu Anda ingin makan makanan yang lezat sesuai kesukaan Anda. Hal ini berlaku juga untuk anak Anda. Tingkatkan nafsu makan anak Anda dengan memberikan makanan kesukaan Anda seperti sup atau buah favoritnya. Sebagai tahap awal, tidak apa-apa anak hanya mau makan satu jenis makanan saja, yang penting perutnya terisi.

3. Berikan porsi sedikit namun sering
Anak mungkin tidak nafsu makan jika melihat porsi makanan yang besar. Bujuklah anak agar mau makan dan minum meski sedikit saja. Setelah makanan masuk, tawarkan anak untuk makan lagi sekitar 2 atau 3 jam berikutnya. Bisa menggunakan menu yang sama atau menu yang berbeda dari menu sebelumnya.

4. Jangan paksa untuk makan
Saat anak tidak mau makan, jangan memaksanya untuk makan karena hal ini akan membuatnya stres. Lebih baik berikan pujian dan semangat setiap anak berhasil menelan satu suapan. Sesuaikan menu dengan saran dokter. Misalnya jika anak hanya boleh makan bubur, maka sajikan bubur dengan variasi rasa yang aman bagi kesehatannya. Jika anak semangat makan, baru tambahkan porsinya secara perlahan.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi