Terbit: 18 March 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Penurunan testosteron pada pria tidak hanya menyebabkan penurunan aktivitas dan kualitas seks saja. Lebih dari itu, testosteron juga berdampak pada kesehatan pria secara menyeluruh sehingga penurunannya harus diperhatikan dan kalau bisa diperlambat.

7 Tanda Testosteron Turun yang Harus Diwaspadai Pria

Untuk mengetahui apakah Anda sedang mengalami penurunan kadar testosteron atau tidak, coba simak tanda-tandanya di bawah ini dengan saksama.

1. Penurunan libido

Turunnya testosteron berkorelasi langsung dengan libido pada pria. Kalau Anda mendadak jarang merasakan hasrat bercinta, bisa jadi kadar hormon pria yang ada dalam tubuh menurun.

2. Susahnya mendapatkan ereksi

Testosteron memang tidak secara langsung menyebabkan ereksi pada pria. Namun, hormon ini menstimulasi otak untuk memproduksi nitric oxide yang bekerja untuk menjaga kualitas dari ereksi. Jika ereksi yang Anda alami tidak kuat atau gampang kendur lagi, kadar testosteron di dalam tubuh sedang drop.

3. Rontok rambut

Testosteron bekerja untuk memberi stimulasi pertumbuhan rambut. Pria yang mengalami penurunan testosteron biasanya mengalami kebotakan dengan cepat.

4. Produksi air mani sedikit

Saat kadar testosteron di dalam tubuh naik, tubuh akan menghasilkan mani yang lebih banyak. Bersamaan dengan mani keluar juga sperma dalam jumlah banyak saat pria mengalami ejakulasi.

5. Mudah capai

Perhatikan keadaan tubuh Anda setiap hari. Saat tubuh mendadak mudah capai meski tidak melakukan pekerjaan berat, artinya ada gangguan pada ketahanan dan juga penurunan jumlah testosteron.

6. Penurunan masa otot

Penurunan masa otot akan terlihat kalau Anda berdiri di depan cermin. Seiring dengan berkurangnya testosteron, masa otot akan turun sehingga dada bidang, otot perut kuat, hingga otot lengan yang besar akan sirna.

7. Peningkatan masa otot

Kalau Anda tidak makan berlemak tapi tubuh tetap gemuk tanpa sebab artinya metabolisme dan kadar testosteron sedang turun. Kondisi ini menyebabkan tubuh lebih banyak menumpuk lemak ketimbang membakarnya.

Inilah tujuh tanda testosteron turun pada pria. Dari beberapa tanda di atas, mana yang pernah Anda alami?


DokterSehat | © 2023 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi