Terbit: 3 Juni 2022
Ditulis oleh: Muhamad Nuramdani | Ditinjau oleh: dr. Jati Satriyo

Jomblo atau jomlo adalah istilah yang diberikan pada seseorang yang belum memiliki pacar atau pasangan. Istilah ini juga kerap kali diidentikan dengan sesuatu yang negatif. Padahal, seseorang yang masih lajang atau memilih untuk tidak memiliki pasangan hidup tidak selamanya buruk. Simak manfaat jomblo selengkapnya di bawah ini.

8 Manfaat Menjadi Jomblo, Baik untuk Kesehatan Mental hingga Fisik

Manfaat Menjadi Jomblo

Banyak orang menyamakan kebahagiaan dengan status hubungan seseorang, padahal hal ini adalah sesuatu yang tidak tepat.

Kebahagiaan dengan memiliki pasangan (seperti anggapan masyarakat kebanyakan) bukanlah standar yang cocok untuk semua orang, karena kebahagiaan hanya bisa dirasakan oleh orang yang mengalaminya sendiri, bukan bagaimana pandangan masyarakat menilai kebahagian.

Berikut adalah beberapa manfaat jomblo yang bisa Anda dapatkan, di antaranya:

1. Lebih mengenal diri sendiri

Jika ada yang bertanya pada Anda; apa keuntungan jadi jomblo? Keuntungannya adalah membuat Anda memiliki banyak waktu untuk mengenal diri sendiri.

Sering kali, seseorang yang sudah memiliki pasangan mengatakan bahwa mereka tidak menjadi diri sendiri saat menjalin hubungan dengan pasangan.

Mengenali jati diri dibutuhkan bagi Anda yang ingin fokus pada pengembangan diri. Jomblo adalah saat yang tepat untuk mengetahui jati diri dan tujuan hidup.

Menghabiskan waktu sendiri memberi Anda waktu untuk meremajakan dan memberi energi tambahan, serta kesempatan untuk refleksi pribadi yang mendalam dan membangun ketahanan diri tanpa bergantung pada orang lain.

2. Lebih kreatif

Manfaat jadi jomblo berikutnya adalah membuat Anda lebih kreatif. Banyak pasangan yang sudah menikah mengeluhkan bahwa sisi kreativitasnya terhambat ketika memiliki pasangan. Sementara dengan status jomblo, hal itu membuat seseorang memiliki banyak ruang untuk kreativitas.

Akan tetapi, apakah mereka yang sudah berpasangan sama sekali tidak memiliki kreativitas? Tentu sisi kreativitasnya masih ada, tapi banyak orang mengaku tidak bisa menyeimbangkan keduanya dengan baik.

Baca Juga: Manfaat Self Love (Cinta Diri Sendiri) dan Cara Menerapkannya

3. Meningkatkan interaksi sosial

Status jomblo membuat seseorang lebih sering bersosialisasi dan menerima lebih banyak dukungan dari orang-orang terdekat dibandingkan dengan orang yang sudah memiliki pasangan.

Sebuah penelitian mengungkapkan, orang yang masih lajang cenderung untuk memberi bantuan pada orang tua, saudara, atau sahabat, daripada mereka yang sudah menikah atau bercerai.

4. Tubuh lebih bugar

Keuntungan jomblo lainnya adalah terkait dengan kesehatan. Banyak orang tidak menyangka bahwa status lajang bisa membuat kondisi fisik menjadi lebih bugar.

Sebuah penelitian mengungkapkan, seseorang yang memiliki pasangan tampaknya memiliki tingkat kebugaran fisik yang lebih rendah daripada orang jomblo.

Orang yang sudah menikah memiliki waktu yang lebih sedikit untuk mengambil bagian dalam aktivitas fisik daripada orang jomblo. Mendapatkan aktivitas fisik secara teratur bisa membantu mengendalikan berat badan dan mengurangi risiko penyakit jantung, diabetes tipe 2, kanker, meningkatkan mood, dan kesempatan hidup lebih lama.

5. Mengurangi tingkat stres

Meski bagi beberapa orang menjadi jomblo bisa membuat stres, namun stres yang dialami ini biasanya karena tekanan orang-orang di sekitar mengenai status Anda.

Namun, perlu Anda pahami bahwa memiliki pasangan bukan jaminan untuk terhindar dari stres. Tekanan yang dialami oleh mereka yang sudah memiliki pasangan, ternyata bisa menciptakan tingkat kekhawatiran yang lebih tinggi dibanding orang jomblo.

6. Meningkatkan produktivitas

Manfaat jomblo berikut ini cocok bagi Anda yang ingin fokus meniti karir. Umumnya, seorang jomblo lebih menghargai sebuah pekerjaan daripada mereka yang sudah memiliki pasangan. Selain itu, seseorang yang tidak memiliki pasangan memiliki waktu lebih banyak untuk mengembangkan portofolio keterampilan yang beragam.

Manfaat jadi jomblo ini pada akhirnya membuat seseorang mengalami banyak pertumbuhan dan perkembangan pribadi daripada orang yang sudah menikah.

Baca Juga: 5 Jenis Bahasa Cinta, Apa Love Language Kamu dan Pasangan?

7. Indeks massa tubuh ideal

Beberapa penelitian mengungkapkan, orang jomblo lebih banyak melakukan olahraga dibanding mereka yang sudah menikah. Bahkan, manfaatnya bagi kesehatan bisa membuat Anda jarang sakit dan lebih sedikit kunjungan ke dokter.

Selain itu, penelitian lain mengungkapkan, orang jomblo memiliki Indeks Massa Tubuh (IMT) lebih rendah daripada orang yang sudah menikah. IMT adalah salah satu cara untuk mengetahui berat ideal dan memprediksi seberapa besar risiko gangguan kesehatan.

8. Meningkatkan kepercayaan diri

Kadang-kadang seseorang mengandalkan pasangan untuk membuatnya lebih percaya diri. Sementara menjadi jomblo memungkinkan Anda untuk fokus mengenai suatu hal yang sedang Anda kerjakan.

Manfaat jomblo ini berguna karena memberi kesempatan untuk memanfaatkan kekuatan batin, yang pada nantinya bisa meningkatkan rasa percaya diri Anda. Kepercayaan diri yang bertumbuh dalam kesendirian ini pada akhirnya membawa pengaruh positif dalam memandang hidup.

 

  1. DePaulo, Bella. 2016. 17 Benefits of the Single Life. https://www.psychologytoday.com/us/blog/living-single/201608/17-benefits-the-single-life (Diakses pada 23 Agustus 2019).
  2. Dodgson, Lindsay. 2019. 7 science-backed reasons why you’re better off being single. https://www.insider.com/reasons-youre-better-off-being-single-according-to-science-2019-2 (Diakses pada 23 Agustus 2019).
  3. Emery, Lea Rose. 2018. 7 Unexpected Benefits Of Being Single, According To Experts. https://www.bustle.com/p/7-unexpected-benefits-of-being-single-according-to-experts-3079036 (Diakses pada 23 Agustus 2019).
  4. Jalili, Candice. 2018. 9 Ways Being Single Can Improve Your Life. https://time.com/5401028/benefits-being-single-experts/ (Diakses pada 23 Agustus 2019).


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi