Terbit: 11 Februari 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Memasuki usia 40-50 tahun, wanita akan mengalami menopause atau tidak mengalami menstruasi lagi. Pada fase ini, tubuh tidak akan menghasilkan lagi sel telur sehingga wanita tidak bisa mengalami kehamilan lagi. Selai itu, beberapa wanita juga mulai mengalami penurunan hasrat seksual sehingga jarang melakukannya lagi dengan pasangan.

5 Gangguan Kesehatan yang Dialami Wanita Menopause

Selain mengalami tiga hal di atas, wanita yang mengalami menopause juga sering mengalami gangguan kesehatan di bawah ini.

1. Osteoporosis
Setelah menopause, hormon di dalam tubuh wanita akan mengalami penurunan produksi. Selama mendapatkan haid, hormon seperti estrogen membuat wanita memiliki tulang yang sehat. Namun, setelah hormon ini tidak diproduksi dalam jumlah banyak, kepadatan tulang akan menurun sehingga wanita rawan mengalami osteoporosis.

Untuk mencegah osteoporosis datang pada tubuh wanita menopause, mereka disarankan untuk tetap berolahraga. Selain itu, asupan makanan dengan Vitamin D juga harus ditingkatkan.

2. Mengalami obesitas
Wanita menopause memiliki metabolisme yang cenderung lebih lambat dari biasanya. Keadaan ini menyebabkan tubuh menyimpan kandungan lemak lebih banyak sehingga obesitas adalah hal pertama yang akan terjadi setelah wanita mengalami menopause.

Agar wanita tidak mengalami menopause mereka disarankan untuk selalu berolahraga rutin setiap hari atau melakukan diet yang seimbang agar kandungan lemak yang ada di tubuhnya tidak bertambah.

3. Tidak kuat menahan kencing
Seiring dengan berjalannya waktu, otot tang ada di area vagina akan mengendur. Dampaknya, wanita menopause akan susah menahan kencing pada saat-saat tertentu. Misal saat sedang tertawa atau batuk, urine bisa keluar begitu saja.

4. Berisiko terkena penyakit hati
Estrogen juga berperan untuk membantu hati dalam menghadapi racun yang masuk ke dalam tubuh. Kalau hormon ini jumlahnya jadi berkurang. Hati akan bekerja dengan lebih keras sehingga risiko mengalami gangguan lebih besar.

5. Otot panggul lemah
Saat menopause terjadi, otot di area panggul akan melemah dan menyebabkan adanya organ yang mencuat keluar dari posisi rahim sehingga membuat rahim, dubur, kandung kemih turun dari posisi awalnya.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi