Terbit: 20 March 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Menjaga kesehatan penis adalah hal wajib yang harus dilakukan oleh pria. Kalau penis dibiarkan terkena penyakit atau mengalami kelainan, fungsinya secara seksual dan reproduksi bisa terganggu. Pria tidak akan bisa menikmati aktivitas seks dan akan susah mendapatkan keturunan.

4 Kelainan pada Penis yang Membahayakan Fungsi Seks Pria

Dari berbagai masalah dan gangguan pada penis, berikut 4 kelainan yang cukup mengganggu fungsi seksual dan secara langsung mengganggu proses reproduksi. Berikut di antaranya:

1. Saxophone penis

Saxophone memiliki bentuk akan terpelintir ke atas. Penis juga bisa memiliki kondisi atau bentuk di atas sehingga fungsinya secara seksual bisa terganggu. Saat penis mengalami ereksi, pria bisa merasakan sakit yang cukup besar.

Kondisi penis terpelintir ini bisa terjadi karena pembengkakan kelenjar getah bening yang biasanya terjadi pada selangkangan. Lebih lanjut tuberkulosis pada penis juga diduga menjadi penyebab utamanya.

2. Peyronie

Peyronie adalah kondisi penis melengkung baik ke kiri atau ke kanan. Kondisi ini bisa terjadi karena pria melakukan aktivitas seks terlalu keras baik saat penetrasi atau onani. Jaringan yang terluka saat melakukan seks akhirnya menebal dan membuat bentuk penis tidak sempurna.

3. Diphalia

Diphalia adalah pria yang lahir dengan penis ganda. Kondisi ini hanya dialami satu dari 5,5 juta kelahiran di dunia. Hingga sekarang, kasus penis ganda hanya ada 100 kasus dan tidak semua bayi bisa tumbuh dengan sehat. Beberapa bayi meninggal karena ada komplikasi yang akut.

4. Priapismus

Priapismus adalah kondisi ereksi pada pria yang terus-menerus. Saat pria mengalami ereksi dan ejakulasi, darah tidak mau kembali ke seluruh tubuh. Dampaknya, penis mengeras selama berjam-jam dan menyebabkan rasa sakit yang sangat hebat.

Semoga empat kelainan penis di atas tidak terjadi pada Anda, ya!


DokterSehat | © 2023 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi