Terbit: 23 May 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Kesehatan anak merupakan hal penting yang perlu diperhatikan orang tua. Terkadang orang tua perlu mengajak anak ke dokter untuk melakukan imunisasi atau pemeriksaan kesehatan. Nah, seringnya anak merasa takut atau rewel ketika harus pergi ke dokter. Bagaimana mengatasinya?

Tips Mengajak Anak Periksa ke Dokter Tanpa Rewel

Tips mengajak anak ke dokter tanpa rewel

Mengajak anak ke dokter bisa jadi aktivitas menantang bagi orang tua. Pasalnya, tidak semua anak mau pergi ke dokter. Bagi sebagian anak, pergi ke dokter identik dengan disuntik yang menyebabkan sakit. Hal ini membuat anak trauma dan menghindari rasa sakit tersebut.

Tentunya, anak yang takut pergi ke dokter ini bisa jadi masalah jika anak sedang sakit dan perlu pemeriksaan dokter. Untuk mengatasinya, Anda bisa melakukan beberapa tips berikut:

1. Bermain dokter-dokteran

Bermain dokter-dokteran bersama anak dapat membantu menjelaskan anak situasi yang sebenarnya di rumah sakit. Jelaskan pada anak bahwa agar anak yang sakit cepat sembuh, maka diperlukan pemeriksaan dan diagnosa yang tepat oleh dokter. Jika tidak mau diperiksa, maka dokter akan kesulitan mengetahui sakit yang diderita anak.

Anda bisa bermain dokter-dokteran di rumah dengan pura-pura memeriksa mulutnya, melihat telinganya dengan senter, dan memainkan stetoskop mainan untuk memeriksa dada dan perut anak. Dengan bermain, ketakutan anak pada dokter atau rumah sakit akan berkurang.

2. Bawa mainan

Agar anak merasa nyaman dan tidak takut, biarkan ia membawa mainan kesayangannya saat ke tempat praktek dokter. Mainan ini juga dapat mengalihkan perhatian anak saat harus menunggu atau menjalani pemeriksaan.

3. Bawa ke dokter langganan

Anak akan lebih merasa aman jika diperiksa oleh orang yang dikenalnya. Berhubungan dengan orang asing bisa membuat anak merasa tidak nyaman dan semakin takut, Untuk itu, sebaiknya bawa anak ke dokter langganan untuk membantu meredakan ketakutan anak.

4. Jelaskan mengenai profesi dokter

Agar anak tidak takut pergi ke dokter mana pun, jelaskan pada anak mengenai tugas dan profesi dokter. Jelaskan bahwa jika dokter menyuntik, maka hal ini diperlukan untuk kesembuhan dan menjaga kesehatan anak. Dengan demikian anak tidak akan merasa takut lagi pada dokter.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi