Terbit: 14 April 2018 | Diperbarui: 16 April 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Penampilan anak merupakan salah satu hal yang perlu diperhatikan orang tua. Selain keserasian pakaian, orang tua juga perlu memerhatikan rambut anak. Memotong rambut anak untuk pertama kali ternyata bukan hal yang mudah lho. Yuk simak tipsnya berikut ini!

Tips Memotong Rambut Balita Untuk Pertama Kalinya

Tips memotong rambut anak usia balita

Saat pertama kali memotong rambut anak, Anda bisa melakukannya sendiri atau memotongnya di salon. Masing-masing pilihan memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, tinggal sesuaikan dengan kondisi Anda dan kenyamanan anak.

1. Berikan penjelasan pada anak

Sebelum memotong rambut anak, sebaiknya Anda jelaskan pada anak bahwa rambutnya akan dipotong. Jika Anda akan melakukannya di salon, jelaskan pada anak mengenai apa itu salon dan apa saja yang akan dilakukan anak di sana. Hal ini untuk mencegah anak kaget dan menangis saat di salon.

2. Cari model yang cocok
Anak mungkin belum mengenal model rambut apa yang pas untuk dirinya. Namun anak usia balita sudah punya rasa percaya diri pada penampilannya, atau sudah punya selera sendiri pada apa yang ia kenakan. Karena itu sebaiknya Anda memilih model rambut yang cocok untuk anak.

3. Gunakan ukuran sisir yang pas
Sisir untuk memotong rambut anak tentu berbeda dengan sisir rambut balita yang terkadang masih sangat tipis. Dengan menggunakan sisir yang pas, suasana memotong rambut juga akan lebih cepat dan hasilnya lebih baik.

4. Bawakan mainan atau makanan kesukaan anak
Bagi Anda yang mengajak anak potong di salon, Anda bisa membawakan mainan atau makanan kesukaan anak untul mengalihkan perhatian dari lamanya menunggu, atau dari ketakutan anak akan suasana baru di salon. Selain itu sebaiknya hindari mengajak anak ke salon saat anak lapar karena akan membuatnya mudah marah.

5. Bawa baju ganti

Pada beberapa anak kadang ada yang tidak mau menggunakan kip atau jubah penutup sehingga rambut anak akan jatuh mengotori baju. Jika perlu, Anda bsia membawakan baju ganti anak.

Nah bagaimana Mom? Apa tips dari Moms saat mengajak anak potong rambut untuk pertama kalinya?


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi