Terbit: 17 April 2018 | Diperbarui: 20 July 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Tahukah Anda apa itu body image? Body image merupakan suatu gambaran pola pikir seseorang terhadap bentuk tubuhnya. Hal ini kini menjadi perhatian utamanya untuk anak-anak. Mengapa?

Pentingnya Body Image Untuk Anak

Seperti yang kita ketahui, anak-anak cepat dalam meniru berbagai hal yang ada di sekitarnya. Kebiasaan diet terkait berat badan, yang mungkin dilakukan orang di sekitarnya, tentu mampu memengaruhi persepsinya terhadap bentuk tubuh yang baik.

Jika sejak kecil anak memiliki penilaian yang salah tentang bentuk tubuh, maka bisa jadi hal ini akan tertanam terus menerus dalam otaknya.

Kondisi ini bisa menyebabkan anak merasa tubuhnya terlalu gemuk sehingga anak membatasi makannya. Atau bisa pula sebaliknya, anak merasa tubuhnya terlalu kurus sehingga ingin terus makan.

Umumnya gangguan pola makan tersebut baru muncul saat anak sudah beranjak dewasa, namun pola pikir tersebut bisa jadi sudah tertanam sejak anak-anak, kan?

Untuk itu, US Departement of Health and Human Service menganjurkan agar kita memberikan arahan yang baik terkait body image pada anak-anak.

Hal ini dapat dilakukan dengan melakukan:

  1. Tunjukkan bahwa Anda juga menerapkan body image yang baik, dengan selalu mengusahakan berat badan yang normal.
  2. Mengajari anak bahwa kenaikan berat badan pada usia pertumbuhan adalah hal yang wajar. Buat anak memahami bahwa tubuh yang baik adalah tubuh dengan berat badan yang sesuai tinggi badan.
  3. Mengurangi paparan dari media, iklan atau televisi yang mengklaim body image berlebihan.
  4. Tidak memberikan sugesti atau ucapan yang membuat anak berpikir makanan akan memengaruhi kondisi tubuhnya. Misalnya melarang anak mengonsumsi makan tertentu karena akan menyebabkan gemuk atau kurus.
  5. Mengajarkan pada anak pemilihan makanan yang baik, yaitu makanan yang memiliki nilai gizi sesuai dengan kebutuhan tubuh. Tekankan pula bahwa tubuh kita memerlukan asupan makanan dalam porsi yang sesuai agar berat badan yang baik bisa terbentuk.
  6. Yang paling penting, ajarkan pada anak bahwa tubuh yang baik adalah tubuh yang sehat, dimana kebutuhan asupan gizi selalu terpenuhi sehingga terhindar dari berbagai penyakit.

Dengan ke enam tips di atas anak tentu mudah memahaminya, kan?


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi