Terbit: 5 Maret 2018 | Diperbarui: 7 April 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Momen memandikan bayi yang baru lahir selalu jadi momen mendebarkan bagi orang tua baru. Meskipun Anda sudah belajar memandikan bayi saat mengikuti kelas perawatan bayi sebelum kehamilan, namun memandikan bayi yang kulitnya masih sangat sensitif tentu merupakan pengalaman yang bebeda. Terkadang karena ingin memberikan yang terbaik bagi bayi, orang tua justru melakukan beberapa kesalahan saat memandikan bayi. Apa saja kesalahan tersebut?

Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Memandikan Bayi Baru Lahir

1. Segera memandikan bayi
Bayi yang baru lahir kadang masih diselimuti lapisan lemak bernama vernix. Mungkin bayi akan terlihat tidak bersih, namun vernix atau lapisan ini penting untuk menghangatkan, melembabkan dan melindungi kulit bayi. “Vernix melindungi bayi pada beberapa jam setelah ia lahir,” ujar Dr. Ari Brown, dokter konsultan untuk laman Parents. Tunggu sekitar 6 jam setelah bayi beradaptasi dengan lingkungan sekitar, baru mandikan bayi dengan bersih. Lapisan vernix akan berkurang dengan sendirinya selama beberapa hari.

2. Memandikan bayi terlalu sering
Anda mungkin ingin menjaga bayi selalu sehat dan bersih sehingga memandikan bayi sebanyak lebih dari 2 kali sehari. Namun tahukah Anda bahwa bayi yang baru lahir tidak perlu terlalu sering dimandikan? Kulit bayi yang masih sangat sensitif bisa menjadi terlalu kering jika dimandikan terlalu sering.

3. Menggunakan terlalu banyak produk perawatan bayi
Anda mungkin ingin memberikan perlindungan penuh pada bayi Anda dengan memberikan berbagai macam produk perawatan bayi yang beredar di pasaran. Namun sebenarnya, jika kulit bayi Anda tidak bermasalah, ia hanya membutuhkan pelembab dan pembersih bebas parfum. Memberikan produk perawatan bayi terlalu banyak dapat menimbulan risiko iritasi.

4. Air mandi bayi terlalu dingin atau terlalu panas
Gunakan air mandi dengan suhu hangat suam-suam kuku. Suhu air yang ideal untuk memandikan bayi adalah sekitar 37 derajat celcius. Selali periksa suhu bayi dengan punggung telapak tangan atau sudut siku Anda, jika terlalu hangat atau dingin dapat membuat bayi tidak nyaman.

5. Tidak hati-hati saat membersihkan tali pusat
Bagian tali pusat yang masih basah sebaiknya tidak perlu dibasahi dengan air. Bersihkan dengan alkohol dan kapas dan tunggulah hingga kering dan lepas dengan sendirinya.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi