Terbit: 9 February 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Kecanduan gula atau makanan yang manis pada anak adalah masalah yang cukup pelik dan harus diselesaikan. Anak yang suka makan sesuatu yang manis baik itu permen atau aneka kue biasanya susah untuk makan. Mereka akan mudah kenyang karena gula tidak ubahnya karbohidrat yang berasal dari nasi.

Begini Cara Atasi Kecanduan Gula pada Anak

Lebih lanjut, gula juga menyebabkan gigi anak mudah keropos lalu jadi ompong kalau mereka jarang menyikat gigi. Nah, agar anak tidak mengalami kecanduan dan kesehatannya terganggu karena mengalami kegemukan dan diabetes, simak cara mengatasinya di bawah ini.

1. Memberi contoh baik
Anak-anak selalu beralasan kalau dia suka makan yang manis-manis karena orang tua juga melakukannya. Akhirnya mereka tidak akan mau makan sayur atau makanan sehat lain karena merasa diberi contoh oleh orang tuanya.

Nah, agar anak mau menurut, coba contohkan dengan aksi yang lebih nyata. Jangan hanya menasihati anak untuk mau melakukan ini dan itu. Lebih baik langsung memberi contoh seperti menyantap makanan yang sehat, minum jus, dan ngemil buah-buahan.

2. Buat menu yang kreatif
Salah satu alasan yang membuat anak malas makan dan akhirnya memilih permen dan aneka makanan manis lainnya adalah menu makan yang membosankan. Coba buat menu makan yang lebih disukai oleh anak dan menyisipkan sayuran di dalamnya. Kalau anak jadi semangat makan, mereka jadi mudah kenyang dan tidak nafsu lain makan yang manis.

3. Membatasi asupan gula
Meski anak tidak diperbolehkan lagi makan yang manis-manis lagi, asupan gula dengan takaran tepat masih diperbolehkan. Misal anak yang ingin minum susu atau minum jus buah bisa ditambahkan hingga 4 sendok teh gula. Rasa manis ini akan membuat mereka mau minum susu atau jus sampai habis.

4. Memberi pengertian
Orang tua harus menjelaskan kepada anak maksud dari larangannya. Mereka tidak bisa langsung melarang tanpa didasari penjelasan yang masuk akal. Anak biasanya lebih mudah menurut kalau tahu maksud larangannya. Kalau mereka tidak tahu biasanya memberontak dan semakin ingin makan yang manis-manis.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi