Terbit: 22 March 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Bagi sebagian orang tua, membuat anak mau makan sayur atau buah tidaklah mudah. Ada kalanya anak lebih suka menghabiskan camilan makanan ringan daripada menyantap buah-buahan. Padahal anak memerlukan nutrisi dari buah-buahan untuk pertumbuhannya.

4 Cara Membuat Anak Mau Makan Buah

Cara membuat anak mau makan buah

Jika Anda memiliki masalah dengan anak yang tidak mau makan buah-buahan sama sekali, maka tips berikut yang dikutip dari Todays Parent ini bisa Anda coba:

1. Sajikan di tempat yang mudah dijangkau
Meletakkan buah di tempat yang mudah terlihat dan terjangkau oleh anak dapat melatih anak untuk meu menyukai buah-buahan. Letakkan buah-buahan Anda di meja makan atau tempat yang sering terlihat oleh anak. Hal ini membuat anak merasa tidak asing dengan buah-buahan dan mau mencicipinya.

2. Beri contoh secara langsung
Anak akan lebih mudah menyantap buah-buahan jika melihat Anda melakukannya juga. Anda dapat mencontohkannya dengan membiasakan makan buah sebelum sarapan atau mengganti camilan Anda dengan buah. Dengan begitu, anak akan tertarik mencoba dan ikut menyukai makan buah-buahan.

3. Makan buah yang berwarna-warni
Agar anak tidak bosan, sajikan buah-buahan yang terdiri dari berbagai warna. Misalnya pagi ini Anda menyajikan buah-buahan berwarna merah atau oranye seperti apel dan jeruk. Saat sore hari, Anda bisa menyajikan alpukat, pisang atau beri yang berwarna berbeda. Saat menyajikannya, Anda juga bisa bercerita mengenai manfaat buah-buahan tersebut agar anak-anak semakin bersemangat untuk menyantapnya.

4. Sajikan dalam bentuk jus
Jika anak susah makan buah-buahan dalam bentuk aslinya, Anda bisa menyiasatinya dengan menyajikan buah-buahan dalam bentuk jus. Selain segar, anak Anda juga tidak menyadari bahwa ia sudah menghabiskan seporsi buah dalam jusnya.

Nah, ternyata tidak sulit kan Mom untuk membuat anak mau makan buah?


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi