Terbit: 7 March 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Saat memberikan Makanan Pendamping ASI (MPASI) pada bayi, ada banyak hal yang harus diperhatikan. Di antaranya adalah jenis, jumlah, dan frekuensi pemberian ASI. Namun, ada hal penting lain yang sering luput dari perhatian kita yaitu kebersihan dalam proses pemberian MPASI.

4 Tips Menjaga Kebersihan MPASI untuk Bayi

Cegah Penyakit dengan Menjaga Kebersihan MPASI

Bayi tentu rentan terhadap berbagai penyakit, selain itu pada masa-masa awal pemberian MPASI bayi masih mengenali makanan. Kondisi ini mengharuskan tubuh dan pencernaan bayi terjaga dengan baik agar dapat medukung jalannya proses pemberian MPASI dengan optimal.

Maka dari itu kita harus menjaga kebersihan dalam pemberian MPASI yang juga akan mencegah terjadinya penyakit akibat bakteri seperti diare.

Tips Menjaga Kebersihan Pemberian MPASI

Dalam Booklet Pemberian Makan Bayi dan Anak yang dikeluarkan oleh UNICEF, beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kebersihan pemberian MPASI adalah sebagai berikut:

1.Menyimpan bahan makanan dengan bersih

MPASI baik dalam bentuk kemasan atau buatan sendiri harus terjamin kebersihannya. Untuk itu sebaiknya selalu simpan bahan makanan MPASI ditempat yang bersih dan aman dari adanya kontaminan yang dapat merusak makanan.

2.Pastikan alat makan bayi bersih

Sendok, cangkir atau mangkuk yang diberikan pada bayi harus dipastikan kebersihannya. Bayi sebaiknya menggunakan alat makan tersendiri saat diberikan MPASI. Selain mengindari kontaminasi dengan bahan lain, ibu dapat lebih mudah memantau berapa porsi makan bayi dengan ukuran alat yang sama.

3. Cuci tangan ibu atau pengasuh sebelum menyiapkan MPASI

Saat menyiapkan MPASI baik kemasan ataupun membuat sendiri, ibu harus menjaga kebersihan tangannya agar MPASI terjamin kebersihannya.

4. Cuci tangan ibu dan bayi sebelum makan

Sebelum makan ibu harus mencuci tangan, selain itu tangan bayi juga harus dicuci karena saat makan tangan bayi rentan ikut memegang makanan atau memasukkan tangan ke dalam mulut.

Kebersihan dalam pemberian MPASI akan mencegah bayi dari terjadinya penyakit dan akan mendukung proses pemberian MPASI dengan baik.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi