Terbit: 7 March 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Banyak Moms yang bingung, bahan makanan apa ya yang perlu diberikan pada Si Kecil saat mengenalkan MPASI?

MPASI Pertama untuk Si Kecil, Makanan Apa yang Sebaiknya Diberikan?

Kita tahu, dalam bahan makanan terkandung beragam jenis zat gizi. Misal, karbohidrat pada makan pokok, protein pada lauk pauk dan vitamin mineral pada buah dan sayur, semuanya tentu sama-sama bermanfaat.

Pilih Bahan MPASI yang Tepat 

Saat awal mengenalkan MPASI pada anak, kita harus tepat dalam memilih golongan bahan makanan. Hal ini penting karena bayi baru pertama kali mengonsumsi bahan makanan selain ASI, sehingga tubuh bayi harus membiasakan diri dengan adanya bahan makanan baru tersebut.

Selain itu, pemilihan bahan makanan yang tepat untuk MPASI akan mencegah terjadinya reaksi alergi pada anak.

Menurut Kementerian Kesehatan RI dalam buku Pedoman Gizi Seimbang tentang pemberian MPASI, urutan pemberian bahan makanan pada MPASI adalah:

1.Makanan sumber karbohidrat

Bahan makanan pokok seperti beras, tepung beras, sebaiknya dikenalkan terlebih dahulu pada anak. Selain bahan makanan ini tinggi energi, makanan berkarbohidrat bebas gluten yang dapat menyebabkan anak alergi. Pada masa awal pemberian MP-ASI pemberian bubur saja atau bubur ASI dapat diberikan pada 1-2 hari pertama.

2.Buah dan sayur

Setelah anak terbiasa dengan sumber karbohidrat, kita dapat mulai memberikan berbagai olahan buah dan sayur, kenalkan buah yang tidak terlalu asam, misalnya pisang atau pepaya. Umumnya anak tidak mengalami alergi saat mengonsumsi buah, namun perlu kita perhatikan bagaiman asupan satu jenis buah pada pencernaannya, apakah meinimbulkan diare atau tidak. Jika bayi sudah terbiasa dengan buah tersebut maka kita bisa memperkenalkan kepada anak berbagai jenis buah dan sayur

3.Makanan berprotein hewani

Makanan hewani rentan membuat anak alergi, saat memberikan satu jenis lauk protein kita harus benar-benar memerhatikan ada atau tidaknya reaksi alergi pada tubuh bayi. Sebaiknya kita mencatat jenis protein apa yang dikonsumsi anak dan melihat ada atau tidaknya reaksi alergi pada 2-3 hari kedepan. Jika muncul reaksi alergi lihat pada catatan bahan makanan apa yang dikonsumsi pada 2-3 hari kebelakang.

Pemberian MPASI dengan urutan yang tepat akan membuat tubuh anak dapat mengenal bahan makanan dengan baik dan kita dapat mengetahui ada atau tidaknya reaksi alergi pada anak.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi