Terbit: 21 March 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Minuman soda merupakan salah satu minuman yang banyak disukai anak-anak. Rasanya yang manis dan menyegarkan sering menjadi pilihan utama bagi anak-anak untuk melepaskan dahaga. Jika anak Anda memiliki kegemaran minum minuman bersoda, ada baiknya Anda mulai membatasinya. Mengonsumsi minuman soda terlalu banyak dapat membahayakan kesehatan anak.

Bahaya Minuman Soda Bagi Anak

Menurut daftar yang dirilis oleh University of Cincinnati, Clermont College, minuman bersoda mengandung 40 gram gula setiap penyajiannya atau setara dengan 4 sendok makan. Jumlah tersebut mendekati kebutuhan gula per hari yang disarankan oleh Kementerian Kesehatan, yaitu 50 gram per hari.

Bahaya minuman soda bagi anak

Dilansir dari Live Strong, beberapa bahaya bagi anak yang mengonsumsi minuman soda terlalu banyak adalah:
1. Gangguan kesehatan gigi
The American Dental Association menyatakan bahwa mengonsumsi gula berlebih termasuk dalam minuman bersoda dapat merusak lapisan enamel pada gigi. Bakteri pada gusi mendapat makanan dari gula yang menempel pada rongga mulit dan membentuk plak. Jika anak tidak rajin membersihkan gigi setelah minum soda, maka hal ini dapat memicu pengeroposan gigi.

2. Memicu anak hiperaktif
Banyak orang tua melihat perbedaan pada sikap anaknya setelah mengonsumsi gula baik pada makanan manis lainnya maupun pada minuman bersoda. Gula pada minuman bersoda dapat meningkatkan glukosa dalam darah. Dalam beberapa kasus konsumsi gula dapat meningkat.

3. Kecanduan gula
Pada beberapa anak, sering minum minuman bersoda dapat menyebabkan kecanduan. Jika asupan soda dikurangi anak dapat mengalami mual, susah berkonsentrasi, depresi, dan sakit kepala.

4. Kegemukan
Dengan kadar gula yang cukup tinggi pada minuman tersebut, jika dikombinasikan dengan makanan lain yang cenderung manis maka anak akan dengan mudah mengalami kegemukan, apalagi jika metabolisme anak Anda cenderung rendah.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi