Terbit: 8 March 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Bunda, apakah anak-anak Anda susah makan sayur? Jika ya, Anda tidak sendiri. Sebagian besar anak-anak usia balita hingga usia sekolah memang sering susah makan sayur. Padahal susah diperlukan untuk keseimbangan gizi dan pertumbuhan anak. Lalu bagaimana membuat anak mau makan sayur?

Trik Membuat Anak Anda Mau Makan Sayur

Dilansir dari laman eatthis, ada beberapa cara yang bisa Bunda coba untuk membuat anak mau makan sayur, di antaranya:

1. Tunggu hingga anak lapar
Para ahli sebenarnya tidak menyarankan untuk menunda jam makan siang hingga anak-anak kelaparan, namun cara ini mungkin berguna untuk membuat anak mau makan sayur. Anda bisa menunda jam makan siang sehingga lebih akhir dari biasanya. Saat anak-anak mulai lapar, sajikan sayuran seperti wortel, bayam, atau timun agar anak-anak tidak punya pilihan lain selain menyantapnya. Anda boleh menyajikan camilan untuk anak, namun pastikan anak-anak mendapatkannya setelah menghabiskan sayurannya.

2. Sajikan dengan saus

Toby Amidor MS RD CDN, ahli nutrisi dan penulis buku The Greek Yogurt Kitchen: More Than 130 Delicious, Healthy Recipes for Every Meal of the Day menyebutkan bahwa penelitian membuktikan bahwa anak-anak lebih suka makan sayur jika disajikan dengan saus. Karena itu, Anda bisa menyajikan variasi saus atau bahan pelengkap lainnya agar anak-anak mau makan sayur.

Hindari saus kemasan yang kaya akan MSG, sebaiknya pilih saus cocolan sayur yang sehat dan alami seperti saus salad yang terbuat dariyogurt Yunani, bubuk bawang, paprika dan garam.

3. Sajikan dalam puree
Menurut American Journal of Clinical Nutrition, anak usia 3-5 tahun akan lebih banyak makan sayur jika diolah dalam bentuk puree. Untuk mencobanya, Anda hanya perlu resep yang tepat sesuai kebutuhan gizi Anda. Sebagai percobaan, Anda dapat menampurkan setengah porsi alpukat, setengah cangkir bayam, setengah buah pisang, 1/4 labu tumbuk dan susu almon atau air. Campur semua bahan dengan blender dan sajikan. Rasa susu akan meredam rasa sengir dari sayuran dan anak-anak akan menyukainya.

4. Variasikan dalam sup

Sup merupakan salah satu cara yang paling mudah untuk menyajikan sayur untuk anak. Anda bisa menggunakan bahan kuah kaldu yang kaya rasa untuk menarik minat anak dan mengganti-ganti pilihan sayurnya. Pastikan sup mengandung cukup protein dan serat agar anak tercukupi kebutuhan gizinya. Anda bisa menambahkan tahu sutra atau potongan daging untuk menambah nafsu makan.

Bagaimana Mom, sebenarnya tidak susah kan membuat anak mau makan sayur? Anda hanya perlu sedikit kreatif dalam memilih menu masakan untuk anak. Selamat mencoba!


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi