Terbit: 27 May 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Memiliki anak perempuan berarti Anda punya kesempatan untuk berkreasi dengan berbagai aksesoris untuk mempercantik penampilan si kecil. Salah satu aksesoris yang banyak dikenakan oleh bayi perempuan adalah headband atau ikat kepala. Memilih ikat kepala bayi pun sebaiknya tidak sembarangan karena dapat membuat bayi tidak nyaman.

Tips Memilih Headband yang Aman bagi Bayi

Tips memilih headband atau ikat kepala yang aman bagi bayi

Memilih aksesoris bagi anak mungkin terkesan sepele ya Mom, namun ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli aksesoris tersebut. Beberapa pertimbangan tersebut di antaranya:

1. Pilih sesuai ukuran bayi

Sebelum membeli headband, sebaiknya sesuaikan dengan ukuran kepala bayi. Ikat kepala yang terlalu kencang atau terlalu longgar dapat membuat bayi tidak nyaman. Umumnya lingkar kepala bayi saat lahir adalah sekitar 30 cm.

2. Pilih bahan yang tepat

Selain mempertimbangkan model, Anda juga perlu mempertimbangkan bahan headband yang tepat. Hindari headband yang dapat membuat kulit kepala mengalami iritasi. Sebaiknya pilih ikat kepala berbahan kain yang dapat disesuaikan dengan ukuran kepala si kecil.

Headband berbahan karet juga bisa menjadi pilihan aksesoris si kecil karena tidak mudah terlepas di bagian kepala. Namun terkadang headband ini dapat membuat anak merasa gatal.

3. Pilih model sederhana

Ikat kepala anak umumnya memiliki banyak hiasan tambahan seperti bunga, manik-manik, atau hiasan lainnya. Sebaiknya pilih headband dengan model sederhana dan tidak terlalu banyak hiasan. Hal ini untuk menghindari anak menggigit atau menelan hiasan yang ada di ikat kepala.

4. Sesuaikan dengan pakaian si kecil

Salah satu pertimbangan dalam memilih ikat kepala adalah menyesuaikannya dengan model pakaian si kecil. Ikat kepala umumnya digunakan sebagai aksesoris, karena itu Anda juga perlu menyesuaikannya dengan pakaian, acara dan tempat yang akan dikunjungi si kecil.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi