Terbit: 21 February 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Hernia bukan hanya bisa diderita oleh orang dewasa saja, namun juga dapat dialami oleh bayi. Jika saat memandikan bayi Anda melihat adalanya tonjolan di sekitar pusar atau kelaminnya, bsia jadi itu adalah gejala hernia. Hernia seringnya timbul tanpa keluhan dan anak Anda belum dapat mengatakan jika ada bagian tubuhnya yang tidak normal. Karena itu Anda perlu memerhatikan dengan baik setiap perubahan yang terjadi pada anak Anda.

Ternyata Bayi Juga Bisa Mengalami Hernia Lho!

Hernia adalah kondisi ketika organ pada tubuh berada di luar posisi yang semestinya. Hal ini disebabkan oleh otot-otot yang mengalami kelainan sehingga tidak kuat menahan organ tersebut. Pada bayi, jenis hernia umumnya adalah hernia diafragmatik, hernia umbilikalis dan hernia inguinalis.

Hernia diafragmatik
Hernia jenis ini terjadi di sekat rongga dada dan perut karena sebagian usus dan isi rongga perut lain masuk ke dada. Akibatnya bayi yang baru lahir sering merasa sesak dan biru. Jika bayi mengalami hal ini maka perlu segera mendapat penanganan dokter.

Hernia umbilikalis
Hernia umbilikalis terjadi akibat otot-otot perut yang gagal bersatu sehingga meninggalkan celah bagi organ dalam untuk menonjol keluar ketika ada tekanan. Bayi yang memiliki hernia umbilikalis ditandai dengan adanya tonjuolan lunak pada pusar atau terlihat pembengkakan pada area tersebut. Tonjolan ini umumnya terlihat saat anak menangis, batuk, atau mengejan saat buang air besar.

Hernia umbilikalis sering terjadi pada bayi prematur dan terjadi pada bayi perempuan dibanding laki-laki. Biasanya tonjolan ini dapat hilang dengan sendirinya tanpa perawatan medis.

Hernia inguinalis
Hernia inguinalis disebabkan oleh sebagian usus yang menjulur dari rongga perut bawah dan muncul ke daerah sekitar kelamin. Kondisi ini dapat dialami oleh laki-laki dan perempuan, namun banyak ditemui pada bayi laki-laki yang lahir prematur.

Untuk mengetahui apakah bayi laki-laki Anda mengalami hernia inguinalis, Anda dapat memerhatikan alat kelaminnya. Jika Anda melihat ada benjolan sebesar ibu jari pada selangkangan atau kantong zakar bayi, maka kemungkinan besar ia memiliki hernia inguinalis. Sedangkan pada bayi perempuan, jika Anda melihat tonjolan berbentuk persegi panjang di sekitar selangkangan atau labia, maka hal ini merupakan tanda hernia inguinalis. Pada hernia inguinalis, hal ini tidak dapat hilang tanpa bantuan operasi. Operasi dilakukan untuk menghindari tonjolan bertambah besar, keras dan menghitam. Jika dibiarkan, tonjolan ini bisa merusak jaringan tubuh sekitarnya secara permanen.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi