Terbit: 17 April 2018 | Diperbarui: 28 April 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Menjelang perisapan anak masuk sekolah, banyak orang tua yang masih bingung menentukan sekolah untuk anak. Saat ini pilihan sekolah bagi anak lebih beragam, termasuk pilihan untuk homeschooling.

Mengenal Kelebihan dan Kekurangan Homeschooling

Apa itu homeschooling?

Homeschooling adalah sebuah pendidikan formal bagi anak yang dilakukan di rumah. Homeschooling bisa dilakukan oleh anak-anak yang kesulitan mendapat pendidikan di sekolah formal seperti sedang sakit, berada di pedalaman, atau memiliki kesibukan lain sehingga tidak bisa mengikuti jadwal belajar di sekolah dengan baik.

Kurikulum homeschooling pun disesuaikan dengan tingkat yang dipilih, misalnya SD, SMP atau SMA. Sehingga orang tua tidak perlu khawatir anaknya tidak bisa mengimbangi pendidikan di sekolah formal.

Ada beberapa jenis homeschooling, yaitu:
1. Homeschooling tunggal, yaitu homeshcooling yang dilaksanakan pada satu keluarga saja dan tidak bergabung dengan keluarga lain.
2. Homeschooling majemuk, yaitu homeschooling yang dilaksanakan oleh beberapa keluarga.
3. Komunitas homeschooling , yaitu gabungan dari homeschooling majemuk dan mengatur sendiri silabus dan kegiatan pokok sekolah.

Kelebihan dan kekurangan homeschooling

Bagi Anda yang ingin tahu lebih banyak mengenai homeschooling, berikut ini beberapa kelebihan dan kekurangan dari homeschooling:

Kelebihan homeschooling:
1. Membuat anak lebih mandiri
2. Fokus pada kemampuan dan kelamahan anak
3. Meningkatkan keterampilan anak
4. Anak belajar mengenai keterampilan yang sedang diminati
5. Anak terhindar dari bullying
6. Jadwal belajar bisa disesuaikan dengan kondisi anak

Kekurangan homeschooling:

1. Anak kurang bersosialisasi. Untuk mengatasinya, Anda bisa meminta pada pihak penyelenggara untuk memberi kegiatan yang meningkatkan sosialisasi anak
2. Anak berisiko kurang bisa bekerja dengan tim
3. Anak tidak dapat belajar berorganisasi di sekolah
4. Anak tidak bisa mengikuti ekstrakurikuler di sekolah. Untuk mengimbanginya, Anda bisa mengikutkan anak pada kegiatan atau hobi lain yang diminati anak.

Bagi Anda yang tertarik mengikutkan anak ke sekolah homeschooling, sebaiknya mencari informasi menegnai sekolah homeschooling yang ada di sekitar Anda. Cari tahu mengenai izin sekolah, metode pembelajaran, tenaga pengajar serta biaya dan informasi pendukung lainnya. Selain itu, tanyakan juga pada anak Anda apakah ia bersedia mengikuti homeschooling atau tidak.


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi