Terbit: 23 March 2022 | Diperbarui: 9 August 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: dr. Ursula Penny Putrikrislia

Pendidikan jasmani adalah salah satu pelajaran wajib di setiap sekolah. Selain menyenangkan, pelajaran ini ternyata sangat penting bagi tumbuh kembang anak dan remaja. Simak penjelasan mengenai manfaat pendidikan jasmani selengkapnya di bawah ini.

Manfaat Pendidikan Jasmani bagi Anak dan Remaja

Pengertian Pendidikan Jasmani 

Pemerintah telah merumuskan secara resmi pengertian pendidikan jasmani. Hal itu tertuang dalam Permendiknas No. 22 tahun 2006. Menurut peraturan tersebut, pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan adalah suatu mata pelajaran yang diberikan di setiap jenjang pendidikan. 

Pendidikan jasmani adalah mata pelajaran yang mengutamakan aktivitas jasmani dan pembinaan hidup sehat bagi para siswa. Hal ini bertujuan untuk menumbuhkembangkan jasmani, mental, sosial, dan emosional yang serasi, selaras, dan seimbang.

Tujuan Pendidikan Jasmani

Selain merumuskan pengertian pendidikan jasmani, pemerintah telah menetapkan secara khusus tujuan mata pelajaran tersebut. Hal itu tertuang dalam Permendiknas No. 22 Tahun 2006, yaitu:

  • Mengembangkan keterampilan pengelolaan diri, mengembangkan kesehatan jasmani serta pola hidup sehat melalui aktivitas olahraga.
  • Meningkatkan pertumbuhan fisik serta perkembangan mental yang lebih baik.
  • Melatih kemampuan dan keterampilan gerak dasar peserta didik.
  • Menetapkan landasan karakter moral yang lebih kuat. Melalui nilai-nilai yang ada pada pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan.
  • Melatih sifat sportif, disiplin, jujur, bertanggung jawab, kerja sama, disiplin, percaya diri, dll. 
  • Melatih kemampuan menjaga keselamatan diri sendiri, orang lain, serta lingkungannya.
  • Paham konsep aktivitas jasmani dan berolahraga di lingkungan yang bersih.
  • Pertumbuhan fisik sempurna, bersifat positif, pola hidup sehat, bugar, dan terampil.

Manfaat Pendidikan Jasmani

Bukan tanpa alasan pendidikan jasmani dijadikan mata pelajaran di sekolah, mulai dari tingkat dasar hingga atas. Berikut adalah berbagai manfaat yang bisa didapatkan, di antaranya:

1. Mengajak anak aktif bergerak

Tabiat alami anak-anak adalah bergerak, bermain, dan aktif. Berada di ruang kelas dalam jangka waktu lama akan membuatnya bosan dan menurunkan minat belajar. Pendidikan jasmani akan menyeimbangkan belajar anak dengan kegiatan luar ruang. Anak akan bebas bergerak dan lebih aktif, serta dapat menyalurkan energi. 

2. Menjaga berat badan ideal anak

Zaman sekarang, apalagi saat sebagian besar anak akrab dengan gawai, bergerak dan berolahraga seakan terlupakan. Anak yang jarang bergerak akan lebih mudah mengalami kegemukan. Apalagi jika pola makannya tidak seimbang. 

Pendidikan jasmani akan membuat anak bergerak, membakar cadangan lemak dan mengaktifkan seluruh tubuhnya. Berat badan anak pun akan lebih terjaga sekaligus menurunkan risiko diabetes dan hipertensi pada anak. 

3. Menguatkan otot dan tulang

Olahraga akan menggerakkan otot dan tulang anak dan remaja secara aktif. Hal tersebut menjadikannya lebih kuat sehingga pertumbuhan anak dan remaja dapat berkembang dengan optimal.

4. Menurunkan stres

Tidak bisa dipungkiri bahwa pendidikan jasmani memang menyenangkan. Berolahraga menjadikan anak lebih segar dan rileks. Olahraga juga menurunkan stres, mendorong produksi hormon endorfin, dan membuat anak lebih bahagia. Ketika siswa lebih bahagia, kemampuannya dalam menyerap pelajaran juga akan meningkat.

5. Melatih sosialisasi

Dalam olahraga sering kali anak harus berpasangan atau berkelompok. Melakukan olahraga dalam grup atau dengan partner akan membuatnya belajar bersosialisasi, mengatur strategi, dan bekerja sama.

Kemampuan sosialisasi ini akan sangat berguna di kehidupan nyata. Misalnya saat bekerja dalam tim ketika sudah bekerja.

6. Melatih sikap sportif dan tidak mudah menyerah

Sikap sportif, jujur, saling bantu, tidak mudah menyerah, dan disiplin akan sangat berarti bagi masa depan anak kelak. Olahraga melalui pendidikan jasmani melatih hal ini secara intensif.

Baca Juga: 10 Manfaat Main Layangan untuk Perkembangan Anak

7. Memperbaiki postur dan keseimbangan

Berolahraga dapat memperbaiki postur anak dan remaja, terutama yang memiliki masalah pada tulang belakang. Melatih keseimbangan sangat penting dalam meningkatkan kognisi dan kecakapan dalam melakukan tugas sehari-hari.

8. Membantu siswa menemukan minat dan bakatnya

Bukan tidak mungkin siswa menemukan bakat dan minatnya pada dunia olahraga melalui pelajaran pendidikan jasmani. Jika hal ini terjadi, sekolah harus mendukung penuh siswa untuk mengukir prestasinya di bidang tersebut.

9. Meningkatkan prestasi akademis

Ritme olahraga yang cepat, kemampuan memahami instruksi, serta repetisi latihan yang ketat dapat membantu anak dan remaja memahami lebih cepat pelajaran di kelas. Selain di kelas, pelajaran ini  juga berguna dalam menjalani keseharian sebagai pelajar.

10. Meningkatkan kepercayaan diri

Merasakan bagaimana hasil kerja keras berbuah keberhasilan akan meningkatkan kepercayaan diri pelajar. Hal ini adalah pembelajaran yang penting untuk mendorong semangatnya, terutama bagi anak yang merasa biasa-biasa saja di bidang akademik. 

11. Mempermudah proses melanjutkan pendidikan

Berprestasi di bidang olahraga juga dapat mempermudah proses melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Tidak sedikit universitas yang memberikan jalur khusus bagi seseorang yang unggul di bidang olahraga.

Pendidikan jasmani juga dapat memfasilitasi siswa untuk merasakan pertandingan resmi. Jika berhasil memenangkan pertandingan, hal tersebut dapat menambah poin positif siswa.

Nah, itulah berbagai manfaat pendidikan jasmani yang penting untuk diketahui oleh orang tua.

 

  1. Anonim. 2021. Benefits of Sports for Adolescents. https://www.muhealth.org/conditions-treatments/pediatrics/adolescent-medicine/benefits-of-sports. (Diakses pada 21 Maret 2022).
  2. Riadi, Muchlisin. 2018. Pengertian, Tujuan, Ruang Lingkup dan Manfaat Pendidikan Jasmani. https://www.kajianpustaka.com/2018/01/pengertian-tujuan-ruang-lingkup-dan-manfaat-pendidikan-jasmani.html. (Diakses pada 21 Maret 2022).
  3. Winters, Ted. 2018. 10 Benefits of Sports for Students. https://ihtusa.com/10-benefits-of-sports-for-students/. (Diakses pada 21 Maret 2022).


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi