Terbit: 28 September 2021
Ditulis oleh: Gerardus Septian Kalis | Ditinjau oleh: dr. Ursula Penny Putrikrislia

Makanan penambah berat badan anak penting diketahui oleh orang tua yang anaknya masuk kategori kurus. Apa saja makanan yang bisa membantu meningkatkan berat badan buah hati Anda? Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

10 Makanan yang Bantu Tingkatkan Berat Badan Anak

Makanan yang Dapat Membantu Meningkatkan Berat Badan Anak

Saat memasuki masa tumbuh kembang, semua anak perlu menambah berat badan untuk mendukung perkembangannya. Namun untuk beberapa anak, meningkatkan berat badan bisa menjadi tantangan tersendiri.

Berikut adalah beragam pilihan makanan kaya nutrisi dan kalori yang dapat membantu meningkatkan berat badan anak, di antaranya:

1. Telur

Makanan penambah berat badan anak yang mudah didapatkan adalah telur. Makanan yang kaya protein ini dapat membantu membangun pertumbuhan otot dan jaringan tubuh.

Selain kaya protein, telur mengandung banyak nutrisi seperti fosfor, zinc, dan kalsium, semua nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh.

2. Daging

Daging ayam adalah sumber makanan yang mengandung kalori dan protein tinggi. Selain itu, daging ayam mengandung mineral penting lainnya seperti fosfor yang mendukung pertumbuhan gigi dan tulang.

Beberapa mineral yang terdapat di dalamnya juga bermanfaat bagi ginjal, hati, dan sistem saraf pusat. Selain daging ayam, Anda juga memberikan daging merah, termasuk beef, steak, dan domba.

3. Salmon

Salmon mengandung asam lemak omega-3, vitamin B12, selenium, dan kolin yang mendukung fungsi otak, fungsi kognitif, dan kesehatan saraf pada anak-anak. Oleh karena itu, memasak hidangan salmon untuk si kecil adalah pilihan yang tepat.

4. Tahu

Tahu adalah produk olahan kedelai yang mengandung protein, asam amino esensial, zat besi nabati, kalsium, mangan, fosfor, dan selenium. Ini adalah makanan padat nutrisi dengan protein tinggi dan lemak sehat, keduanya ideal untuk mendukung pertumbuhan anak.

Baca Juga: 10 Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan dan Perkembangan Anak

5. Buah-buahan

Asupan lain yang mudah didapatkan untuk meningkatkan berat badan pada anak adalah buah. Pisang adalah buah yang mengandung tinggi serat, kalium, magnesium, dan vitamin B6, yang menjadikannya salah satu makanan berkalori tinggi terbaik untuk anak-anak. Hal inilah yang membuat pisang bisa Anda jadikan sebagai makanan penambah berat badan anak.

Selain pisang, alpukat tinggi akan kandungan vitamin C, E, K, B6, potasium, lemak, dan serat. Selain itu, alpukat juga menyediakan lutein, beta-karoten, dan asam lemak omega-3 yang bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Buah-buahan lain yang dapat membantu meningkatkan berat badan adalah kelapa, buah tin, kurma, atau beberapa buah kering seperti aprikot, cranberry, dan kismis.

7. Ubi Jalar dan Kentang

Ubi jalar kaya akan serat, vitamin B, C, zat besi, kalsium, dan selenium. Makanan tinggi antioksidan ini juga dapat meningkatkan tubuh menyerap beta-karoten.

Sementara itu, kentang mengandung serat dan vitamin esensial seperti A dan C. Kentang juga kaya akan karbohidrat, sehingga dapat membantu meningkatkan berat badan yang sehat.

Makanan tinggi karbohidrat lainnya adalah nasi, jagung, roti gandum, pasta, quinoa, hingga sereal sarapan berserat tinggi.

Baca Juga: 11 Penyebab Anak Tidak Mau Makan yang Orang Tua Harus Waspadai

8. Sayuran

Jika anak Anda rewel saat makan sayuran, waktu terbaik untuk memberikannya adalah saat anak lapar. Sayuran mengandung nutrisi yang berperan penting dalam meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

9. Oatmeal

Whole grain mengandung karbohidrat, protein, dan pati, sehingga menjadikannya pilihan yang baik untuk mendukung tumbuh kembang anak. Selain itu, serat yang terkandung di dalamnya dapat membantu mendukung sistem pencernaan yang sehat.

10. Kacang-kacangan dan Lentil

Kacang dan lentil kaya akan protein. Rata-rata, setiap 100 gramnya mengandung hampir 300 kalori. Kacang juga merupakan sumber serat larut yang sangat baik, sehingga menjaga gula darah dan memperbaiki suasana hati. Jika anak Anda adalah pemakan yang rewel, olah kacang sesuai dengan selera atau gaya makannya.

Nah, itulah berbagai makanan penambah berat badan anak yang bisa Anda coba. Semoga informasi ini bermanfaat!

 

  1. Garone, Sarah. 2021. Choosing the Best Foods to Help Your Child Gain Weight Healthily. https://www.healthline.com/health/childrens-health/weight-gain-foods-for-kids. (Diakses pada 28 September 2021).
  2. Swati Patwal. 2021. 21 Healthy Weight Gaining Foods For Kids. https://www.momjunction.com/articles/healthy-foods-will-make-child-gain-weight_0075344/. (Diakses pada 28 September 2021).


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi