Terbit: 28 May 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Kesehatan gigi dan gusi anak dapat berpengaruh pada kesehatan anak secara keseluruhan. Gigi dan gusi yang sehat dapat membantu proses pencernaan anak dengan baik. Selain menjaga kebersihan gigi dan gusi dengan baik, Anda juga dapat menjaga kesehatan gigi anak melalui makanan.

Makanan Untuk Memperkuat Gigi dan Gusi Anak

Makanan yang tepat untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi anak

1. Produk susu

Beberapa produk susu seperti susu, yogurt dan keju merupakan makanan yang kaya akan kandungan kalsium, vitamin D dan fosfat. Makanan ini dapat meningkatkan kadar pH di dalam tubuh sehingga membantu menurunkan kadar asam dan mengurangi risiko gigi berlubang.

Kalsium dapat membangtu perlindungan gigi dari paparan asam dan memperbaiki kerusakan enamel gigi. Selain itu kalsium juga membantu menguatkan tulang dan mengirangi risiko periodontal dalam jangka panjang.

2. Sayuran

Tidak diragukan lagi bahwa sayuran memiliki banyak manfaat bagi tubuh, termasuk gigi. Sayuran seperti wortel, seledri, kembang kol dan kacang kolong dapat membantu mengikis plak yang terbentuk di sela gigi saat makan. Memasukkan sayuran ke menu harian anak dapat membantu menjaga kesehatan gigi dari dalam.

3. Buah-buahan

Beberapa buah yang baik untuk menjaga kesehatan buah-buahan antara lain jeruk, pir, apel dan buah-buahan yang kaya akan vitamin C lainnya. Vitamin C dalam buag membantu membunuh bakteri pengganggu di dalam mulut.

Tips bagi si kecil usai mengonsumsi buah-buahan tersebut, sebaiknya tunggu sekitar 30 menit sebelum ingin menyikat gigi. Asam dalam buah-buahan dapat melemahkan enamel gigi yang menyebabkan gigi rentan terkikis jika segera disikat.

4. Daging tanpa lemak

Daging tanpa lemak seperti daging sapi, daging kambing dan tiram memiliki kandungan seng yang dapat berfungsi sebagai antiinflamasi, antioksidan dan dapat meningkatkan sistem imun yang bisa melawan penyakit gusi. Selain itu daging tanpa lemak juga baik bagi si kecil yang mengalami gusi berdarah.


DokterSehat | © 2023 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi