Terbit: 11 April 2018 | Diperbarui: 12 April 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Bunda, kegiatan ekstrakurikuler di sekolah bukan hanya kegiatan tambahan di luar pelajaran sekolah lho. Kegiatan ekstrakurikuler ini memiliki banyak manfaat bagi perkembangan anak. Apa saja manfaat mengikuti kegiatan ekstrakurikuler di sekolah?

Ini Manfaat Anak Aktif Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler

Manfaat anak mengikuti kegatan ekstrakurikuler

Ada banyak pilihan kegiatan ekstrakurikuler di sekolah anak, mulai dari musik, pramuka, drama, atau olahraga. Anda bisa memilih mana yang disukai oleh anak-anak dan biarkan mereka menentukan kegiatan apa yang akan diikuti.

Salah satu manfaat mengikuti kegiatan ekstra kurikuler tersebut, anak akan belajar bersosialisasi dengan teman dan lingkungan baru. Sedangkan manfaat lain anak mengikuti ekstrakurikuler, yaitu:

1. Anak mencoba hal yang baru
Dengan mengikuti kegiatan ekstrakurikuler, anak akan belajar mengenai hal-hal baru. Ia akan semakin mengetahui kemampuan dan kelemahannya sendiri, termasuk apa yang ia inginkan di masa mendatang.

2. Menambah kepercayaan diri
Kegiatan ekstrakurikuler yang diikuti anak dapat mengasah kemampuannya sekaligus mengasah kepercayaan dirinya. Anak akan belajar tampil di hadapan umum, belajar membagi waktu dan mengatur prioritas.

3. Belajar tanggung jawab
Mengikuti kegiatan ekstrakurikuler berarti anak juga mendapat kesempatan untuk melaksanakan tanggung jawab yang dipercayakan padanya. Selain itu anak mungkin akan mendapat kesempatan untuk menjadi pemimpin seperti ketua regu, atau kapten tim.

4. Anak belajar taktik dan strategi
Saat mengikuti kompetisi dalam ekstrakurikuler tersebut anak juga akan belajar bahwa kemenangan dapat diperoleh dengan persiapan yang matang. Anak akan belajar mengenai kerja keras, juga mengenai taktik dan strategi.

5. Melatih kematangan psikologis anak
Bekerja bersama tim akan membuat anak-anak berlatih untuk tidak memaksakan diri, belajar bekerja sama, membagi tugas dan tidak egois pada rekan-rekannya.

Nah Bunda, ternyata kegiatan ekstrakurikuler anak dapat bermanfaat bukan hanya di masa anak sekolah namun juga bagi masa depan anak. Bagaimana dengan Bunda, apa kegiatan ekstrakurikuler yang digemari anak-anak?


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi