Terbit: 22 March 2018 | Diperbarui: 27 October 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com- Belakangan ini muncul berita mengenai tersebarnya makanan bayi kedaluwarsa yang dijual kembali ke pasaran. Hal ini tentu saja sangat mengkhawatirkan. Untuk itu penting bagi kita selaku konsumsen yang bijak untuk mengetahui bagaimana cara memastikan kualitas makanan kemasan bayi.

Heboh Makanan Bayi Kedaluwarsa, Lakukan 2 Langkah Ini Agar Tidak Salah Pilih

Mengonsumsi makanan yang sudah lewat masa pakainya tentu saja berbahaya untuk bayi dan dapat memengaruhi tumbuh kembangnya. Makanan bayi kedaluwarsa yang banyak dijual kembali adalah susu bubuk dan makanan instan bayi yang telah diubah tanggal kedaluwarsanya pada kemasan.

Berdasarkan Consumer Affairs Agency Japan dan Pakistan Journal of Nutrition, beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk terhindar dari membeli makanan bayi kemasan kedaluwarsa adalah:

  • Melakukan cek fisik kemasan
    1. Sebelum membeli lakukan cek fisik kemasan dengan:

– Memerhatikan kondisi fisik barang
Untuk menjaga mutu makanan hindari membeli produk yang memiliki warna kemasan memudar, kaleng atau kardus kemasan rusak seperti, menggelembung, penyok atau lubang.

– Perhatikan label kemasan
Makanan untuk kelompok usia tertentu, yaitu bayi atau ibu hamil, umumnya mempunyai label kemasan berbeda yang menunjukkan informasi tentang kualitas produk salah satunya tanggal kedaluwarsa yang mudah dilihat.
Pastikan bahwa makanan bayi masih dalam masa pakai, dan cermati bahwa tanggal kedaluwarsa tertulis jelas, tidak ada bekas hapusan atau coretan yang mencurigakan di sekitar tulisan.

    1. Melakukan cek isi produk

Makanan bayi, baik susu bubuk, biskuit atau bubur, yang telah melewati masa pakainya tentu akan mengalami perubahan fisik dan kualitas produk, maka dari itu perhatikan:

– Tampilan
Perhatikan tampilan produk jika terdapat kontaminan misalnya jamur atau kapang. Cek seluruh isi produk kemasan, bukan hanya bagian luar atau atas saja.

– Warna
Perhatikan jika warna produk berbeda dari yang biasa Anda beli atau mungkin ada beberapa bagian produk memiliki warna lain yang tidak umum.

– Tekstur
Tekstur yang menggumpal, lengket, mudah hancur atau tidak bisa larut perlu kita waspadai. Untuk itu selalu perhatikan tekstur produk.

– Bau
Curigai jika produk memiliki bau yang tidak biasa, saat sebelum dikonsumsi anak atau setelah kita campur dengan air.

– Rasa
Waspadai jika produk memiliki rasa yang tidak seperti biasanya atau mungkin muncul rasa asam atau rasa yang tidak umum lainnya.

Ada cukup banyak hal yang perlu kita perhatikan untuk menghindari pembelian makanan bayi yang kedaluwarsa. Namun hal tersebut tentu sangat penting kita lakukan untuk pertumbuhan dan perkembangan buah hati, kan?


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi