Terbit: 15 March 2018 | Diperbarui: 21 July 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Dunia anak adalah dunia bermain. Begitu kata pepatah. Ya, bermain adalah kegiatan yang menyenangkan bagi anak. Saat bermain, anak tidak hanya bersenang-senang namun juga belajar.

Hati-Hati, 5 Jenis Mainan Ini Dapat Membahayakan Anak

Nah, saat memilih mainan, orang tua perlu mempertimbangkan beberapa hal seperti fungsi, manfaat dan juga risikonya. Mainan anak juga memiliki risiko yang dapat berbahaya bagi kesehatan anak.

Risiko bahaya di balik mainan anak

Mainan anak Anda mungkin sepintas terlihat aman-aman saja. Namun sebenarnya setiap mainan memiliki potensi risiko bagi kesehatan anak. Dilansir dari laman Huffington Post, berikut ini beberapa jenis permainan anak yang perlu diwaspadai:

1. Balon
Anda mungkin bertanya-tanya mengapa balon masuk dalam mainan yang berisiko bagi anak-anak. Badan Kesehatan Kanada mengimbau penggunaan balon hanya sebagai dekorasi saja dan bukan digunakan sebagai mainan. Jangan dekatkan balon dengan wajah anak Anda apalagi di dekat benda tajam atau udara panas karena letusan balon dapat berbahaya bagi mata dan wajah anak.

2. Magnet
Mainan yang mengandung magnet yang kuat memiliki risiko tinggi apabila tidak sengaja terkunyah oleh anak-anak. Beberapa mainan ini umumnya ditemui di permainan board game, puzzle, atau boneka.

3. Trampolin
Bermain trampolin tentu sangat menyenangkan bagi anak-anak. Namun Anda perlu tahu bahwa ada batasan usia tertentu saat bermain trampolin. Anak di bawah usia 5 tahun sebaiknya tidak bermain trampolin kecuali menggunakan trampolin khusus. Beberapa risiko permainan trampolin antara lain cedera pada leher, punggung dan patah tulang bahkan kematian.

4. Mainan yang dapat dinaiki anak
Beberapa permainan yang dapat dinaiki anak seperti mobil-mobilan dan sepeda bisa memicu risiko anak tertabrak atau jatuh. Awasi penggunaan mainan jenis ini saat berada di jalanan umum.

5. Mainan dengan bunyi yang keras
Mainan seperti pistol-pistolan kadang mengeluarkan bunyi yang cukup keras. Pastikan mainan ini aman bagi pendengaran anak-anak karena pendengaran anak masih berada dalam tahap perkembangan.

Semua mainan sebenarnya dapat memberi manfaat yang baik bagi kesenangan atau perkembangan anak. Namun jika tidak digunakan dengan baik, dapat menimbulkan bahaya bagi anak. Selalu waspada ya Mom!


DokterSehat | © 2022 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi